Nadia, Harum (2025) Airport Service Supervisory oleh Customer Service pada PT. Angkasa Pura Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
RAMA_93401_2215813015_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2215813012_0004047104_0828119301_part.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (213kB)

Abstract

Sektor pariwisata berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi, dengan transportasi udara sebagai penunjang utama. Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya harus menjaga kualitas layanan melalui Airport Service Supervisory oleh Customer Service. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengawasan, kendala, serta solusi yang diterapkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan analisis deskriptif. Hasilnya menunjukkan tiga tahap utama yang harus disiap kan antara lain persiapan, pelaksanaan, penutup) dengan kendala berupa keterlambatan respons, minimnya fasilitas dan petugas, serta kurangnya penanda kerusakan. Solusi mencakup sistem pelaporan digital, penambahan tenaga, dan peningkatan sarana. Secara keseluruhan, optimalisasi peran Customer Service mampu meningkatkan kepuasan penumpang dan citra positif bandara

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Airport Service Supervisory, Customer Service, pelayanan bandara, Angkasa Pura, Bandara Juanda
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Harum Nadia
Date Deposited: 10 Sep 2025 00:39
Last Modified: 10 Sep 2025 00:39
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19468

Actions (login required)

View Item View Item