Nadia, Harum (2025) Airport Service Supervisory oleh Customer Service pada PT. Angkasa Pura Indonesia di Bandar Udara Internasional Juanda. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_93401_2215813015_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2215813012_0004047104_0828119301_part.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (213kB) |
Abstract
Sektor pariwisata berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi, dengan transportasi udara sebagai penunjang utama. Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya harus menjaga kualitas layanan melalui Airport Service Supervisory oleh Customer Service. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengawasan, kendala, serta solusi yang diterapkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan analisis deskriptif. Hasilnya menunjukkan tiga tahap utama yang harus disiap kan antara lain persiapan, pelaksanaan, penutup) dengan kendala berupa keterlambatan respons, minimnya fasilitas dan petugas, serta kurangnya penanda kerusakan. Solusi mencakup sistem pelaporan digital, penambahan tenaga, dan peningkatan sarana. Secara keseluruhan, optimalisasi peran Customer Service mampu meningkatkan kepuasan penumpang dan citra positif bandara
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Airport Service Supervisory, Customer Service, pelayanan bandara, Angkasa Pura, Bandara Juanda |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir |
Depositing User: | Harum Nadia |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 00:39 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 00:39 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |