Kartika, Ruri (2025) Peran Order Taker dalam Operasional Departemen Housekeeping di Hotel The Ritz Carlton Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713056_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713056_0007036508_0004119601_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (772kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran order taker dalam mendukung operasional departemen housekeeping di Hotel The Ritz Carlton Bali. Order taker merupakan bagian penting dalam proses komunikasi antara tamu dan departemen housekeeping, yang berfungsi untuk menerima, mencatat, dan meneruskan permintaan layanan kebersihan serta kebutuhan tamu secara akurat dan tepat waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa order taker berperan sebagai penghubung utama yang memastikan kelancaran koordinasi operasional housekeeping, meningkatkan efisiensi pelayanan, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap kepuasan tamu. Selain itu, kemampuan komunikasi dan ketelitian order taker sangat menentukan kualitas layanan yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran order taker sangat krusial dalam mendukung operasional housekeeping yang efektif dan efisien di Hotel The Ritz Carlton Bali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran, Order Taker, Operasional, Housekeeping
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ruri Kartika
Date Deposited: 05 Sep 2025 06:07
Last Modified: 05 Sep 2025 06:07
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19546

Actions (login required)

View Item View Item