Kartika, Ruri (2025) Peran Order Taker dalam Operasional Departemen Housekeeping di Hotel The Ritz Carlton Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_63411_2215713056_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2215713056_0007036508_0004119601_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (772kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran order taker dalam mendukung operasional departemen housekeeping di Hotel The Ritz Carlton Bali. Order taker merupakan bagian penting dalam proses komunikasi antara tamu dan departemen housekeeping, yang berfungsi untuk menerima, mencatat, dan meneruskan permintaan layanan kebersihan serta kebutuhan tamu secara akurat dan tepat waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa order taker berperan sebagai penghubung utama yang memastikan kelancaran koordinasi operasional housekeeping, meningkatkan efisiensi pelayanan, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap kepuasan tamu. Selain itu, kemampuan komunikasi dan ketelitian order taker sangat menentukan kualitas layanan yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran order taker sangat krusial dalam mendukung operasional housekeeping yang efektif dan efisien di Hotel The Ritz Carlton Bali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Order Taker, Operasional, Housekeeping |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ruri Kartika |
Date Deposited: | 05 Sep 2025 06:07 |
Last Modified: | 05 Sep 2025 06:07 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |