Dita, Adelia Surya Nan (2025) Analisis Strategi Rebranding terhadap Transformasi perubahan Identitas PT HarukaEdu menjadi Pintar.co. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Fulll Text] Text (Fulll Text)
RAMA_93308_2115744180_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744180_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744180_0003127605_0009098804_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi rebranding yang dilakukan oleh PT Haruka Evolusi Digital Utama (HarukaEdu) dalam transformasinya menjadi PT Pintar Pemenang Asia (Pintar.co). Proses ini tidak hanya melibatkan penggantian nama dan identitas visual, tetapi juga menyentuh aspek strategis seperti restrukturisasi organisasi, penyesuaian nilai perusahaan, dan pengembangan pendekatan komunikasi merek yang baru. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi media digital, dan analisis dokumentasi internal perusahaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan thematic analysis dari Braun & Clarke (2006) dan kerangka 4R dari Welch (2019) yang mencakup Replace, Restructure, Redevelop, dan Rebrand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi identitas merek yang dilakukan oleh Pintar.co tidak hanya meningkatkan brand positioning di pasar digital, tetapi juga memperkuat struktur internal dan memperluas peluang kolaborasi. Sebagai luaran dari penelitian ini, penulis juga menyusun artikel ilmiah yang diharapkan dapat menjadi referensi praktis bagi perusahaan atau institusi yang tengah mempertimbangkan strategi rebranding di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rebranding, Strategi 4R, Brand Positioning, Thematic Analysis, Transformasi Merek, Pintar.co
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Adelia Surya Nan Dita
Date Deposited: 07 Sep 2025 08:27
Last Modified: 07 Sep 2025 08:27
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19566

Actions (login required)

View Item View Item