Wikananda, Made Akika Brillianta (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Ulang Mobil Toyota di Daerah Denpasar-Badung. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2115744071_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2115744071_0001048404_0012086106_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (714kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2115744071_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, citra merek, serta kepuasan pelanggan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian ulang mobil Toyota di wilayah Denpasar-Badung. Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah dinamika persaingan bisnis otomotif yang ketat dan tren penurunan penjualan Toyota secara nasional, yang berbeda dengan tren peningkatan penjualan dan pembelian ulang di regional Denpasar-Badung. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menerapkan desain survei dan metode eksplanatori (kausal) untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Sampel yang digunakan terdiri dari 100 responden yang merupakan konsumen yang telah melakukan pembelian ulang mobil Toyota. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup kuesioner dan studi pustaka, Teknik analisis data yang diterapkan mencakup analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (Adjusted R²), uji t (parsial), serta uji F (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian ulang, di mana kualitas produk menjadi faktor yang paling berpengaruh, sementara harga memiliki pengaruh terkecil. Temuan ini selaras dengan teori manajemen pemasaran, bauran pemasaran 7P, dan Expectancy Disconfirmation Theory. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak dealer Toyota fokus meningkatkan kualitas produk, menetapkan strategi harga yang kompetitif, meningkatkan kualitas pelayanan, menguatkan citra merek, serta menjaga kepuasan pelanggan demi mempertahankan loyalitas dan pembelian ulang. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melanjutkan penelitian dengan subjek dan objek yang sama, menambahkan variabel lain, serta menggunakan metode dan populasi berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Pembelian Ulang, Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Toyota, Denpasar-Badung. |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Made Akika Brillianta Wikananda |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 05:20 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:13 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |