Molebila, Marthina Irana (2025) Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat On-Street Parking dan Solusinya (Studi Kasus : Jalan Raya Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_22302_2115124027_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302_2115124027_0023046604_0028106408_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of iThenticate] Text (iThenticate)
RAMA_22302_2115124027_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (975kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat On-Street Parking dan Solusianya (Studi Kasus : Jalan Raya Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali)”. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya aktivitas parkir di badan jalan (on-street parking) pada kawasan wisata yang padat kendaraan, yang menyebabkan penurunan kapasitas jalan dan kelancaran lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung indeks parkir, menganalisis derajat kejenuhan pada kondisi dengan dan tanpa on-street parking, serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan kinerja jalan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data primer berupa survei geometrik jalan, volume lalu lintas, dan hambatan samping, serta data sekunder dari instansi terkait. Analisis dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) untuk menentukan kapasitas jalan, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan. Data dikumpulkan selama tiga hari (satu hari kerja dan dua hari libur) pada tiga periode waktu puncak (pagi, siang, dan sore). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks parkir untuk kendaraan roda dua sebesar 1,06 sudah melebihi jumlah stall yang ada dan indeks parkir roda empat sebesar 0,75 yang hampir mendekati kapasitas maksimum pada jam sibuk. Kehadiran on-street parking menurunkan tingkat pelayanan jalan mencapai kategori E, namun jika on street parking dihilangkan, kategori tingkat pelayanan jalan meningkat menjadi C. Pengaruh on-street parking seperti mengurangi lebar efektif jalan, mengurangi kapasitas, meningkatkan derajat kejenuhan, dan menurunkan tingkat pelayanan dari kategori stabil menjadi mendekati jenuh. Solusi yang dapat diberikan seperti menyediakan off street parking bagi kendaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: On-Street Parking, Kapasitas Jalan, Derajat Kejenuhan, Indeks Parkir.
Subjects: Ilmu Teknik
Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi
Depositing User: Marthina Irana Molebila
Date Deposited: 12 Sep 2025 12:10
Last Modified: 12 Sep 2025 12:10
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item View Item