Wigunatitha, I Nyoman Restu (2025) Pelayanan A’la Carte Dinner oleh Pramusaji di Pier Eight Beach Bar InterContinental Bali Sanur Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full_Text)
RAMA_93402_2215823103_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823103_0811119001_0817029402_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (253kB) |
Abstract
Pelayanan A’la Carte Dinner oleh Pramusaji di Pier Eight Beach Bar InterContinental Bali Sanur Resort dapat di bagi menjadi 3 yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Tahap Persiapan, pada tahap persiapan dapat dibagi lagi menjadi 2 yaitu persiapan diri dan persiapan operasional. Tahap Pelaksanaan, Tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh pramusaji adalah dimulai dari Welcoming the guest, Escorting the guest, Presenting the menu, Taking Order, Punch order at MicrOs, Serve Crackers and Sambal, Serve the Drink, Serve the Food, Do Satisfaction, Clearing Up, Serve the Dessert, Presenting the bill, dan Farewell the guest. Tahap Akhir Tahap Akhir Pramusaji akan melakukan closing pada pukul 22.30 dimulai dari menghitung bill, membersihkan meja, Merapikan seluruh tempat duduk, Polishing cutleries and glass, Refil ulang box cutleries, Menaruh astray, tray, menu di dalam lemari, Menghitung napkin kotor yang akan di bawa ke laundry, Cover meja & kursi di outdoor dengan cover yang sudah tersedia., Matikan lampu yang ada di restaurant. Kendala dan solusi yang Dihadapi dalam Pelayanan A’la Carte Dinner oleh Pramusaji di Pier Eight Beach Bar InterContinental Bali Sanur Resort antara lain Tingkat kematangan makanan yang tidak sesuai dengan keinginan tamu yang menjadi kendala dalam pelayanan A’la Carte Dinner oleh Pramusaji di Pier Eight Beach Bar InterContinental Bali Sanur Resort. Solusinya adalah melaporkan kepada leader untuk mengomunikasikan kepada chef untuk mengganti makanan dengan yang baru atau memberikan free dessert. Kesulitan dalam menghafal menu di Pier Eight Beach Bar yang mempersulit Pelayanan A’la Carte Dinner oleh Pramusaji di Pier Eight Beach Bar InterContinental Bali Sanur Resort. Solusinya Pramusaji dapat membaca ingredients menu di dalam menu yang di berikan ke tamu. Kesulitan Berkomunikasi Dengan Tamu yang menjadi hambatan dalam Pelayanan A’la Carte Dinner oleh Pramusaji di Pier Eight Beach Bar InterContinental Bali Sanur Resort. Solusinya adalah menggunakan google translate dalam berkomunikasi dengan tamu yang kurang mengerti bahasa inggris. Tamu Pergi Tanpa Membayar Bill yang menjadi kendala saat Pelayanan A’la Carte Dinner oleh Pramusaji di Pier Eight Beach Bar InterContinental Bali Sanur Resort. Solusinya pramusaji dapat menghubungi tamu yang pergi tanpa membayar bill.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, A'la Carte Dinner, Pramusaji, Pier Eight Bar Restaurant |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Nyoman Restu Wigunatitha |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:10 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/19992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |