Fitri, Ni Komang Anansa (2025) Pelayanan Floating Breakfast oleh In-Room Dining Service The Seminyak Beach Resort and Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823259_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823259_0020078401_ 9990613163_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan dalam industri perhotelan merupakan faktor penting yang menentukan kepuasan dan loyalitas tamu. Salah satu bentuk pelayanan inovatif yang ditawarkan oleh hotel berbintang adalah floating breakfast, yaitu penyajian sarapan pagi di kolam renang menggunakan nampan terapung. The Seminyak Beach Resort and Spa, sebagai salah satu resort mewah di kawasan Seminyak, Bali, menawarkan layanan floating breakfast kepada tamu yang menginap di villa dengan kolam renang pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan floating breakfast yang dilakukan oleh In-Room Dining Service, serta mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi beserta solusi yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan staff dan supervisor food and beverage service di The Seminyak Beach Resort and Spa, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan floating breakfast mencakup tahapan persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir. Menu yang ditawarkan antara lain American Breakfast, Indonesian Breakfast, dan Continental Breakfast, yang dapat disajikan secara terapung dengan biaya tambahan floating tray. Beberapa kendala yang ditemukan dalam pelayanan ini meliputi keterlambatan pengiriman pesanan tamu ke kamar, ketidaksesuaian pesanan tamu, dan keterbatasan menu floating breakfast. Solusi yang dilakukan oleh pihak hotel antara lain adalah peningkatan koordinasi antar staff, pengecekan ulang pesanan sebelum pengantaran, serta menambahkan variasi menu lain sebagai opsi dengan biaya tambahan (extra charge), sehingga tamu memiliki lebih banyak pilihan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Floating Breakfast, In Room Dining Service |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Komang Anansa Fitri |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:38 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:38 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |