Suniantara, I Komang (2025) Pelayanan A'la Carte Dinner oleh Pramusaji di Tangi Restaurant Gdas Bali Health & Wellness Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823244_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823244_0026056411_9990613163_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (769kB)

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelayanan A'la Carte Dinner oleh Pramusaji di Tangi Restaurant Gdas Bali Health & Wellness Resort, serta menjelaskan kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Pelayanan a'la carte dinner di Tangi Restaurant menerapkan pelayanan fine dining dengan berbagai pilihan plantbased menu. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode studi pustaka untuk memperoleh data yang akurat, dengan penyajian hasil menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan serta menjabarkan berbagai data yang diperoleh dari praktik kerja lapangan pada Tangi Restaurant di Gdas Bali Health & Wellness Resort. Penerapan tugas akhir ini menunjukkan bahwa pelayanan a'la carte dinner dilakukan secara sistematis sesuai SOP yang berlaku, dimulai dari penyambutan tamu, mengantarkan tamu ke meja, penjelasan menu, penyajian makanan dan minuman sesuai dengan pesanan hingga tamu meninggalkan restoran dengan experience yang mereka dapatkan dari service maupun product yang ditawarkan di Tangi Restaurant. Beberapa kendala yang ditemui antara lain kurangnya pengetahuan terhadap menu a'la carte serta belum adanya pembagian section yang jelas bagi setiap pramusaji, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan pelatihan product knowledge serta pembagian section yang jelas bagi setiap pramusaji. Hasil tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi referensi tambahan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada tamu dalam pelayanan a'la carte dinner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, A'la carte Dinner, Pramusaji
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Komang Suniantara
Date Deposited: 12 Sep 2025 06:38
Last Modified: 12 Sep 2025 06:38
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20228

Actions (login required)

View Item View Item