Ardyansyah, Exza (2025) Penanganan Pungutan Levy terhadap Wisatawan Asing di Ulun Danu Beratan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_ 93401_2215813013_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_ 93401_2215813013_0017016807_0031126375_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alur Penanganan Pungutan Levy terhadap Wisatawan Asing di Ulun Danu Beratan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dan solusi yang diterapkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dengan wisatawan asing, warga lokal Bali, dan Dinas Pariwasata Provinsi Bali, dokumentasi, dan studi kepustakaan. data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan tahapan penanganan dan kendala yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penanganan Pungutan Levy terhadap Wisatawan Asing melibatkan koordinasi antara pihak penyelenggara pungutan, pengelola tempat wisata, dan wisatawan asing. Penanganan pungutan levy terhadap wisatawan asing di Ulun Danu Beratan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali melewati beberapa tahapan yang ada. Secara garis besar tahapan tahapan tersebut dapat dikategorikan menjadi tiga tahapan utama: tahap persiapan ( Koordinasi dengan pihak pengelola tempat wisata, persiapan dokumen dan peralatan, briefing kegiatan, perjalanan menuju lokasi pemungutan), tahap pelaksanaan (Penyerahan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) kepada petugas wisata setempat, set up peralatan yang telah dipersiapkan di tempat wisata, pemeriksaan wisatwan asing yang memasuki Ulun Danu Beratan, mengarahkan wisatawan assign ke levy voucher check point, membantu wisatawan dalam memasukkan data yang diperlukan dalam pengecekan levy, dokumentasi kegiatan menggunakan kamera dinas ), dan tahap akhir (Clear up peralatan yang telah digunakan, evaluasi kegiatan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Perjalanan menuju Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Pemindahan Data dari kamera dinas ke Komputer Dinas Serta Maintenance Peralatan Dinas). Kendala utama yang ditemukan adalah adanya language barrier dengan wisatawan asing khusus tanpa dampingan pramuwisata, dimana ada wisatwawan asing asal spanyol yang tidak bisa berbahasa inggris sehingga komunikasi harus dilakukan dengan bantuan aplikasi penerjemah tambahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Levy, Pungutan Wisatawan Asing, Wisatawan Asing
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Exza Ardyansyah
Date Deposited: 13 Sep 2025 01:25
Last Modified: 13 Sep 2025 01:25
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20445

Actions (login required)

View Item View Item