Dewi, Ni Komang Indah Kamila (2025) Pelayanan Ala Carte Dinner oleh Pramusaji di Standing Stone Restaurant The Royal Purnama. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823294_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93402_2215823294_0030086604_0017018908_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelayanan Ala Carte Dinner oleh Pramusaji di Standing Stone Restaurant The Royal Purnama”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara pelayanan ala carte dinner serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan oleh pramusaji. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara , dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Ala Carte Dinner terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir. Pada tahap persiapan, Pramusaji melakukan personal grooming serta menyiapkan peralatan. Pada tahap pelaksanaan, pelayanan dilakukan dengan welcoming guest, escorting guest, seating the guest, unfolding napkin, serving pure napkin, presenting menu, taking order, repeating order, serving beverage, serving bread and amouse bouche, serving appetizer, serving main course, crumbing down, serving oshibori, adjusting cutleries, serving dessert, billing, farewell, clear up. Pada tahap akhir, pramusaji melakukan polish cutleries, menghitung linen, memasukan menu ke side stand, serta mengamankan restaurant. Kendala yang ditemukan adalah keterlambatan dalam menyajikan makanan, kesalahan pesanan. Solusi yang diterapkan adalah menyerahkan permasalahan tersebut kepada manager dan solusi kedua adalah dengan membuat ulang pesanan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pelayanan Ala Carte Dinner di Standing Stone Restaurant, serta menjadi referensi bagi penelitian sejenis di bidang Food and Beverage Service.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Ala Carte, Pramusaji, Standing Stone Restaurant The Royal Purnama
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Komang Indah Kamila Dewi
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:52
Last Modified: 15 Sep 2025 02:52
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20470

Actions (login required)

View Item View Item