Dewi, I Gusti Ayu Prasetya (2025) Pelayanan Happy Hours Cocktail oleh Room Service Attendant di Pool Area Hotel Samanvaya Luxury Resort & Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823218_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (866kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823218_0020106508_0004018905_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (421kB) |
Abstract
Pelayanan Happy Hours Cocktail Oleh Room Service Attendant Di Pool Area Hotel Samanvaya Luxury Resort & Spa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelayanan Happy Hours Cocktail Oleh Room Service Attendant Di Pool Area Hotel Samanvaya Luxury Resort & Spa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap suatu obyek yang ada di sekitar yang akan diteliti dengan mendengarkan langsung ataupun melalui proses pencatatan hasil pengamatan yang diperoleh berkaitan dengan pelayanan happy hours cocktail di Pool Area hotel Samanvaya Luxury Resort & Spa dan melakukan sesi tanya jawab atau wawancara secara langsung dengan beberapa perwakilan staff baik itu suppervisor, waiter/waitress yang ada di food and beverage service, serta membaca referensi dari buku atau mencari referensi melalui internet seperti jurnal, laporan ilmiah dan artikel dari sumber terpercaya. Memanfaatkan metode deskriptif kualitatif dengan memaparkan suatu permasalahan yang ada berdasarkan informasi dan data yang didapatkan dari hasil pengamatan yang dilakukan sebelumnya melalui proses pencatatan. Hasil disajikan menggunakan metode informal dan formal. Happy hours merupakan salah satu teknik pemasaran yang diterapkan di Hotel Samanvaya Luxury Resort & Spa khususnya pada section Pool Area. Hal ini dilakukan dengan memberikan potongan harga sebesar 50% bagi tamu yang memesan cocktail pada saat jam happy hours pada pukul 17.00-18.00 WITA. Pelayanan happy hours cocktail oleh room service attendant di Pool Area Hotel Samanvaya Luxury Resort & Spa, dapat dibagi menjadi tiga tahap yaitu: tahap persiapan, seperti persiapan diri, dan persiapan operasional, tahap pelaksanaan atau pelayanan yaitu tahapan yang dilakukan oleh seorang pool service attendant dalam proses melayani tamu, mulai dari greeting the guest, escorting the guest to the table, presenting the menu, serving mineral water, taking order, Inputting guest order, serving drink, checking back to the guest, clearing up sesuai dengan prosedur yang ada, dan tahap akhir yaitu dengan melakukan closing di pool area dengan mengumpulkan peralatan kotor dan memastikan semua area di pool service tetap bersih dan rapi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hotel, Food and Beverage, Room service, Pelayanan, Happy Hours |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Gusti Ayu Prasetya Dewi |
Date Deposited: | 13 Sep 2025 06:43 |
Last Modified: | 13 Sep 2025 06:43 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |