Widnyani, I Gusti Ayu Alit (2025) Pelayanan Vegetarian Brunch dengan A’la Carte Menu oleh Pramusaji di Asri Dining Restaurant Samanvaya Luxury Resort & Spa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823217_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823217_0020106508_0004018905_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (846kB) |
Abstract
Pelayanan Vegetarian Brunch dengan A La Carte Menu oleh Pramusaji di Asri Dining Restaurant Samanvaya Luxury Resort & Spa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan vegetarian brunch dengan a la carte menu oleh pramusaji di Asri Dining Restaurant Samanvaya Luxury Resort & Spa dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh pramusaji dalam memberikan pelayanan vegetarian brunch dengan a la carte menu oleh pramusaji di Asri Dining Restaurant Samanvaya Luxury Resort & Spa dan solusinya. Adapun manfaat dari penulisan tugas akhir ini yaitu bagi mahasiswa, bagi Politeknik Negeri Bali dan juga bagi Sanvaya Luxury Resort & Spa. Bagi mahasiswa yaitu sebagai salah satu syarat akademis yang perlu ditempuh untuk dapat menyelesaikan Program Studi Perhotelan Diploma III pada Jurusan Pariwiwsata di Politeknik Negeri Bali, dan mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang industri pariwisata khususnya perhotelan pada bidang pelayanan di restoran. Bagi Politeknik Negeri Bali yaitu sebagai berikut sebagai pengembangan Perpustakaan Politeknik Negeri Bali dan sebagai sebuah referensi yang dapat bermaanfaat bagi pembaca yang memiliki ketertarikan pada bidang food and beverage service khususnya tentang melakukan pelayanan vegetarian brunch. Selanjutnya yaitu bagi Asri Dining Restaurant untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman bersantap tamu yang memiliki pola hidup vegetarian. Selain itu adapun 3 metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam melakukan pengumpulan data ini yaitu metode observasi, wawancara dan metode studi kepustakaan. Sedangkan untuk metode analisis dan metode penyajian hasil yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu memaparkan secara lengkap semua informasi yang didapatkan di lapangan yang berkaitan dengan pelayanan vegetarian brunch dengan a`la carte menu oleh pramusaji di Asri Dining Restaurant. Hasil analisis data tersebut berupa penjelasan atau deskripsi yang disertai dengan gambar. Pada tahapan pelayanan vegetarian brunch dengan a la carte menu oleh pramusaji di Asri Dining Restaurant di Samanvaya Luxury Resort & Spa, dilakukan melalui tiga tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelayanan dan tahap penutup. Tahap Persiapan. Tahap persiapan ini dibedakan menjadi dua yaitu tahap persiapan diri dan persiapan operasionalnya. Persiapan diri meliputi: pramusaji wajib hadir in-time atau sebelum waktunya bekerja sesuai dengan shift kerja, berpenampilan bersih, rapi, serta sesuai dengan SOP ditetapkan. Tahap persiapan operasional, meliputi: melakukan persiapan untuk membuka restoran, menyiapkan perlengkapan untuk set-up table dan incharge di masing-masing section. Selanjutnya yaitu tahap pelayanan. Pramusaji Asri Dining Restaurant melayani tamu yang menikmati brunch yaitu mulai pukul 10.00-13.00 WITA baik bagi tamu yang tinggal di resort maupun walk in. Jenis menu yang ditawarkan adalah menu a`la carte. Vegetarian brunch ini dilakukan setelah tahap persiapan selesai dilakukan, baik itu persiapan diri maupun operasional yang proses pelayanan tersbut dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan di restoran seperti dari menyambut tamu, melakukan taking order, menyajikan makanan dan minuman hingga menangani pembayaran. Brunch time biasanya dilakukan pukul 12.30 WITA, yaitu saat tim kitchen sudah melakukan close order untuk breakfast dan sudah melakukan preparation untuk lunch. Saat closing brunch, adapun hal-hal yang dilakukan oleh pramusaji seperti mengganti menu breakfast dengan menu lunch, melakukan polishing semua cutleries yang dipergunakan dan selanjutnya melakukan set-up ulang untuk penanganan lunch. Terkadang pramusaji melakukan kesalahan saat input pesanan di sistem. Di Asri Dining Restaurant, saat melakukan taking order, pesanan tersebut tidak perlu lagi dibawa ke bagian bar atau kitchen karena di restoran ini sudah menggunakan sistem yang disebut dengan light speed. Dalam proses input pesanan, terhadap tamu yang memiliki dietary atau alergi tertentu (special request), pramusaji perlu untuk menambahkan special note sehingga tim kitchen atau bar dapat memproses pesanan tersebut sesuai captain order. Terkadang seorang pramusaji lupa melakukan input pesanan khususnya bagi tamu yang memiliki special request atau allergy. Jika pramusaji lupa mengkonfirmasi hal tersebut sehingga makanan yang disajikan tidak sesuai dengan pesanan. Solusi dalam mengatasi hal tersebut yaitu pramusaji wajib menulis pesanan dengan teliti saat di-input di sistem serta menambahkan special request-nya. Selain itu, jika makanan sudah terlanjur untuk disajikan, solusi yang dapat dilakukan yaitu makanan tersebut harus diganti dengan yang baru dan melakukan input kembali item yang baru serta menghapus atau void item yang salah sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Vegetarian, Brunch, A'la Carte, Pelayanan |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Gusti Ayu Alit Widnyani |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:38 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:38 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |