Jayanthi, Ni Putu Sri (2025) Pelayanan Romantic Dinner oleh Pramusaji di Eight Degrees South Restoran Conrad Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823295_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823295_0031126475_0008069309_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelayanan Romantic Dinner oleh Pramusaji di Eight Degrees South Restoran Conrad Bali ”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara pelayanan Romantic Dinner serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan oleh pramusaji. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara , dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Romantic Dinner terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir. Pada tahap persiapan, Pramusaji melakukan personal grooming serta menyiapkan peralatan. Pada tahap pelaksanaan, pelayanan dilakukan dengan welcoming the guest ,escorting the guest to the table, seating the guest, serving welcome drink untuk tamu, presenting menu, taking the order, repeat the order, distributing captain order ( kitchen bar cheker) , serving welcome bread, serving beverage, serving appetizer, serving maincorse, crumbing down, adjusting dessert cutleries, serving dessert, satisfaction, bidding farewell. Pada tahap akhir, pramusaji melakukan clear up, polish cutleries, menghitung linen, memasukan menu ke side stand, pramusaji memastikan bale romantic dinner dalam keadaan yang bersih dan aman, serta mengamankan restaurant. Kendala yang ditemukan adalah cuaca yang tidak kondusif, kendala kedua adalah karena banyaknya nyamuk, kendala ketiga adalah kurangnya sumber daya manusia. Solusi yang diterapkan adalah menyiapkan tempat cadangan yang berada di dalam restaurant untuk romantic dinner, solusi kedua adalah pihak restaurant harus menyediakan lotion atau spray anti nyamuk khusus untuk tamu, solusi trakhir adalah management harus menambah staff agar pada saat pelayanan staff lainya tidak kewalahan menangan keramaian Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pelayanan Romantic Dinner di Eight Digrees South Restoran, serta menjadi referensi bagi penelitian sejenis di bidang Food and Beverage Service.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Romantic Dinner, Pramusaji, Eight Degrees South Restoran Conrad Bali
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ni Putu Sri Jayanthi
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:45
Last Modified: 15 Sep 2025 03:45
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20615

Actions (login required)

View Item View Item