Putra, I Putu Rama Adhi (2025) Penanganan Sistem Antar Pesan Menggunakan Aplikasi Online oleh Waiter dan Waitress di Hallmark Crown Hotel Malaysia. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93402_2215893010_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215893010_0006106208_0012128704__part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (410kB)

Abstract

Bedasarkan pada uraian pada Bab IV sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa penanganan sistem antar pesan menggunakan aplikasi online oleh waiter/waitress di Hallmark Crown Hotel Malaysia terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan seperti tahap persiapan, penanganan dan penutup. Disamping itu, terdapat pula kendala yang dialami oleh waiter/waitess dalam melakukan penanyanan tersebut. Langkah-langkah penanganan dan kendala yang dihadapi Waiter/waitress dalam penanganan sistem antar pesan menggunakan aplikasi online oleh waiter/waitress di Hallmark Crown Hotel Malaysia adalah Tahapan Penanganan Sistem Antar Pesan Menggunakan Aplikasi Online Oleh Waiter/Waitress Di Hallmark Crown Hotel Malaysia Tahap Persiapan (Preparation) Adapun persiapan yang dialakukan sebelum melakukan penanganan Tahap persiapan Sistem Antar Pesan Menggunakan Aplikasi Online Oleh Waiter/Waitress Di Hallmark Crown Hotel Malaysia antara lain tahap personal grooming. Persiapan alat kerja, persiapan sstem, sinkronisasi system dan cek kesiapan system yang akan diguanakan. Tahap penanganan dimulai sejak pesanan diterima yang dianjutkan dengan memastikan pembayaran oleh pemesan. Jika pembayaran sudahterkonfirmasi maka dilanjutkan dengan pengantaran pesanan sesuai dengan metode pemesanan yang digunakan. Tahap Penutupan (Closing) Penanganan ini diakhiri dengan melakukan closing, Adapun hal-hal yang dilakukan pada tahap ini adalah pengembalian alat kerja ke posisi semula agar siap digunakan untuk shift berikutnya. logout system, pembersihan area kerja dan diakhiri dengan evaluasi kerja. 2. Hambatan yang dihadapi Waiter/Waitress dalam penanganan sistem antar pesan menggunakan aplikasi online di Hallmark Crown Hotel Malaysia Dalam proses pelayanan menggunakan sistem antar pesan berbasis aplikasi di Hallmark Crown Hotel Malaysia, waiter/waitress menghadapi dua jenis hambatan, yaitu hambatan teknis dan hambatan operasional, di mana hambatan teknis mencakup koneksi internet yang tidak stabil yang menyebabkan keterlambatan pesanan, serta gangguan aplikasi seperti glitch atau crash yang menghambat proses layanan, solusinya adalah pemasangan dua provider internet dengan sistem failover, penambahan WiFi access point, penyediaan mobile hotspot, pengembangan offline mode, perawatan rutin aplikasi oleh tim IT, pelatihan troubleshooting untuk staf, serta penggunaan walkie-talkie sebagai sistem komunikasi cadangan; sedangkan hambatan operasional berupa kendala dalam aktivitas harian yang berdampak pada kualitas layanan, solusinya adalah penerapan manajemen operasional yang efektif untuk menjaga efisiensi kerja, kepuasan tamu, dan citra hotel secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penanganan Sistem Antar Pesan, Aplikasi Online, Waiter dan Waitress
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Putu Rama Adhi Putra
Date Deposited: 16 Sep 2025 12:31
Last Modified: 16 Sep 2025 12:31
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20616

Actions (login required)

View Item View Item