Ariani, Putu Yuni (2025) Analisis Pelatihan dan Motivasi pada Kinerja Peserta Didik di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kanzo Bali Kota Denpasar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2315764027_0018027901_0710099601_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93308_2315764027_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2315764027_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja peserta didik di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kanzo Bali Kota Denpasar. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan global, sehingga peserta didik diharapkan memiliki kompetensi serta motivasi tinggi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner, melibatkan populasi 40 orang peserta didik dengan teknik sampel jenuh. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, dibuktikan dengan nilai uji-t signifikansi < 0,05. Hal ini menegaskan bahwa pelatihan yang terstruktur, materi relevan, dan instruktur kompeten mampu meningkatkan kinerja peserta didik. Selain itu, motivasi juga terbukti signifikan dalam mendorong semangat, tanggung jawab, serta inisiatif mereka. Secara simultan, pelatihan dan motivasi saling berinteraksi secara kuat dalam mendukung peningkatan kinerja peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengelola LPK agar terus meningkatkan kualitas pelatihan, menyusun materi yang sesuai kebutuhan, serta merancang strategi motivasi yang berkelanjutan guna membangun peserta didik yang kompeten, berdaya saing, dan siap menghadapi tuntutan dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Motivasi Belajar, Kinerja Peserta Didik . |
Subjects: | Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Putu Yuni Ariani |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |