Ningsih, Ni Nyoman Sri Ayu Prabawa Utama (2025) Analisis Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan dan Benkelman Beam Pada Ruas Jalan Denpasar-Petang. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_22302_2415164005_FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302_2415164005_0026066709_0001098710_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_22302_2415164005_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang berperan penting dalam mendukung kemajuan dan perkembangan suatu daerah. Salah satu ruas jalan yang memiliki beban lalu lintas tinggi dan cukup penting di Bali adalah jalan Denpasar – Petang. Jalan ini adalah jalan provinsi yang menghubungkan Kota Denpasar dengan daerah Petang, Kabupaten Badung. Sehubungan dengan pemaparan diatas, maka penulis akan melakukan analisis perkerasan lentur dengan menggunakan metode manual desain perkerasan jalan dan Benkelman Beam, sehingga dapat diperoleh rekomendasi yang lebih tepat mengenai perencanaan dan pemeliharaan perkerasan jalan di wilayah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil analisis perhitungan tebal perkerasan lentur dengan menggunakan metode manual desain perkerasan jalan dan Benkelman Beam, serta hasil perhitungan rencana anggaran biaya untuk perkerasan jalan baru dan peningkatan jalan atau overlay. Rancangan penelitian yang diterapkan dalam studi ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitis. Hasil analisis perhitungan tebal perkerasan lentur untuk perkerasan jalan baru menggunakan metode (MDPJ 2024) adalah AC – WC = 4 cm, AC – BC = 7,5 cm, AC – BC = 8 cm, Agregat A = 20 cm, Agregat B = 15 cm, LPA Kelas C = 20 cm, Timbunan Pilihan = 20 cm, Timbunan Pilihan = 60 cm. Sedangkan hasil nilai tebal lapis overlay adalah tebal AC – WC adalah 4 cm dan AC-BC 6,5 cm. Hasil perhitungan rencana anggaran biaya untuk perkerasan jalan baru, didapat nilai Rp.57.223.225.675,00 dan untuk peningkatan jalan (overlay) adalah sebesar Rp.21.185.923.104,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan Lentur, Metode MDPJ, Benkelman Beam, Tebal Perkerasan, Rencana Anggaran Biaya (RAB) |
Subjects: | Ilmu Teknik Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Transportasi |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | Ni Nyoman Sri Ayu Prabawa Utama Ningsih |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 05:18 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 05:18 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |