Puspariawan, I Putu (2025) Pelayanan Dinner dengan Kubu Experience Set Menu oleh Pramusaji pada Kubu Restaurant di Mandapa A Ritz Carlton Reserve. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93402_2215823226_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2215823226_0007086206_0806018605_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (663kB) |
Abstract
Pelayanan Dinner Dengan Kubu Experience Set Menu Oleh Pramusaji Pada Kubu Restaurant Di Mandapa A Ritz Carlton Reserve. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan Dinner Dengan Kubu Experience Set Menu Oleh Pramusaji Pada Kubu Restaurant Di Mandapa A Ritz Carlton Reserve dan menjelaskan kendala yang dihadapi serta memberikan solusi pada saat pelayanan Dinner Dengan Kubu Experience Set Menu Oleh Pramusaji Pada Kubu Restaurant Di Mandapa A Ritz Carlton Reserve Penelitian ini memanfaatkan berbagai teknik pengumpulan data dengan metode observasi dengan melakukan pengamatan langsung dan pencatatan aspek-aspek penting dari pelayanan Dinner pada kubu restoran. Melakukan wawancara dengan manager, supervisor, dan waiter untuk mengumpulkan wawasan tentang pelayanan Dinner dengan kubu experience set menu. Studi Pustaka dengan membaca referensi dari buku atau mencari referensi melalui internet seperti jurnal, laporan ilmiah dan artikel dari sumber terpercaya. Memanfaatkan metode deskriptif untuk menganalisis data, yang melibatkan penjelasan dan merinci informasi yang diperoleh dari restoran. Hasil disajikan menggunakan metode formal dan informal. Pelayanan dinner dengan Kubu Experience set menu oleh Pramusaji pada Kubu Restaurant di Mandapa A Ritz Carlton reserve terdiri dari 19 langkah atau tahapan dimulai dari kedatangan tamu, hingga tamu selesai melakukan makan malam. Secara umum tahapan dari pelayanan untuk melayani Kubu Experience set menu yaitu, menyambut tamu menggunkan nama mereka, mengantar tamu ke meja, melakukan taking order, menuangkan air sesuai permintaan tamu, menyajikan cocktail/mocktail, menghidangkan 10 makanan Kubu Experience set menu, menanyakan tamu tentang cita rasa makanan yang dipesan, menyiapkan bill dan buggy, farewell the guest. Terdapat tiga kendala yang dihadapi saat melayani tamu yang memesan Kubu Experience set menu, yang meliputi: kurangnya alat komunikasi, makanan utama yang tiba di saat bersamaan, dan juga jarak yang jauh saat mengambil peralatan. Cara mengatasi hambatan tersebut adalah para server menitipkan pesannya kepada runner yang mengantarkan makanan. Runner bisa menyampaikan pesan tersebut kepada bar dan kitchen. sehingga server tidak perlu ke kitchen lagi dan penggunaan handy talkey (HT) sebagai alat komunikasi. Server mendapatkan 1 handy talkey (HT) yang terhubung langsung dengan staf kitchen, manager, runner dan bar, adanya salah satu server yang bertugas sebagai floating, para server akan menyiapkan cutleries masing-masing di setiap section tak hanya cutleries para server juga melengkapi dirinya dengan beberapa perlengkapan seperti, bnb plate, sauce dish, slice of lemon lime, salt paper, menu, dan drink list dengan cara tersebut pekerjaan akan lebih cepat dan juga permintaan tamu akan lebih cepat, sehingga operasional restaurant akan berjalanan dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanganan Dinner, Kubu Experience Set Menu, Pramusaji, Kubu restaurant, Mandapa A Ritz Carlton Reserve |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Putu Puspariawan |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 06:38 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 06:38 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/20860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |