Aprilianti, Niken (2025) Penanganan Rush Bag pada Interline Baggage melalui Penerbangan Domestik Lion Grup oleh Staff Lost and Found PT. Jasa Angkasa Semesta di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93401_2215813016_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2215813016_0031126375_0016106406_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pariwisata Bali terus menunjukkan pertumbuhan signifikan, khususnya dari wisatawan asal Australia yang banyak menggunakan penerbangan internasional menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai. Peningkatan arus penumpang berimplikasi pada meningkatnya potensi permasalahan operasional, salah satunya keterlambatan bagasi atau rush bag. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan rush bag pada interline baggage dari maskapai Qantas Airways yang melanjutkan penerbangan domestik dengan Lion Group oleh staff Lost and Found PT. Jasa Angkasa Semesta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi partisipatif, wawancara, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan rush bag dilakukan melalui tahapan persiapan, penerimaan laporan, identifikasi dan verifikasi data melalui sistem WorldTracer, pemeriksaan Bea Cukai, pembuatan baggage handover form, hingga pengiriman ke penerbangan domestik Lion Group. Kendala yang dihadapi meliputi dokumen yang tidak lengkap, koordinasi antarunit yang lambat, keterlambatan pembaruan data sistem, serta ketidaklengkapan data penumpang. Solusi yang diterapkan berupa pengecekan ganda dokumen, peningkatan koordinasi melalui briefing, penunjukan petugas khusus untuk pembaruan sistem, serta verifikasi data penumpang secara lebih detail. Dengan penerapan prosedur ini, tingkat keberhasilan pengiriman kembali bagasi kepada penumpang dapat ditingkatkan, sehingga kepuasan penumpang tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rush bag, Interline Baggage, Lost and Found, Qantas Airways, Lion Group, PT. Jasa Angkasa Semesta
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Niken Aprilianti
Date Deposited: 17 Sep 2025 14:35
Last Modified: 17 Sep 2025 14:35
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/21165

Actions (login required)

View Item View Item