Sukmana, Nyoman Pandu Paramadita (2025) Audit Kepatuhan terhadap Standar Operasional Prosedur Siklus Pembelian di Hotel X. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_62301_2115644030_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2115644030_0810099101_0011109503_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (559kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2115644030_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
Abstract
Sistem pengendalian internal sangat penting dalam memastikan kegiatan operasional perusahaan berjalan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Hotel X melakukan pembelian tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, yang mana terdapat barang tanpa adanya purchase order. Standar operasional prosedur (SOP) sebagai pengendalian internal di Hotel X merujuk pada serangkaian aturan tertulis dan prosedur operasional yang digunakan oleh staf dan manajemen properti untuk menjalankan operasi sehari-hari secara efisien, konsisten, dan sesuai dengan standar tinggi yang ditetapkan oleh merek hotel tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui standar operasional prosedur siklus pembelian di Hotel X serta untuk mengetahui tingkat kepatuhan Hotel X terhadap standar operasional prosedur siklus pembelian yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan data primer berupa hasil wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa struktur organisasi, tanggung jawab dan wewenang dari berbagai fungsi dan gambaran umum perusahaan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam mengumpulkan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini dengan melakukan audit kepatuhan menunjukkan bahwa standar operasional prosedur yang berlaku sudah dilaksanakan dengan baik dimana setiap fungsi dan wewenang telah dipisah, dan dalam penerapan sistem otorisasi dan pencatatan telah sesuai dengan SOP yang berlaku di Hotel X. Hotel X telah patuh (efektif) terhadap standar operasional siklus pembelian dengan tingkat kepatuhan 64%, yang artinya masih ada beberapa prosedur yang pelaksanaannya belum sesuai, salah satunya adalah keandalan pemesanan pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audit Kepatuhan, Hotel X, Standar Operasional Prosedur, Siklus Pembelian. |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Nyoman Pandu Paramadita Sukmana |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:07 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:07 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/21177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |