Rego, Margareta Maria Wea (2025) Penanganan Pemesanan Private Tour 5D4N East to West Melalui Web oleh Sales Come2Indonesia Cabang Exploresumba. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
RAMA_93401_2215813040_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_2215813040_0007086206_0828119303_Part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (713kB)

Abstract

Tugas akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengkaji penanganan pemesanan paket wisata Sumba Private Tour 5D4N East to West melalui situs web yang menjadi pintu masuk klien kepada sales Come2Indonesia. Laporan tugas akhir ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi literatur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan dan menguraikan tahapan – tahapan proses serta kendala yang dihadapi disertai solusi. Berdasarkan laporan tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa proses penanganan pemesanan terbagi menjadi tiga tahapan utama yakni tahap persiapan (pretour) yang meliputi kegiatan persiapan diri, perangakat kerja, dan memeastikan media yang digunakan siap, tahap pelaksanaan (on-tour) mencakup penerimaan inquiry, verivikasi data, penawaran, koordinasi iternal dalam pengerjaan pembuatan invoice, sampai pada pembuatan dokumentasi perjalanan, dan juga melakukan pemesananpemesanan fasilitas yang dibutuhkan wisatawan seperti hotel, transportasi, guide, sopir, dan restoran, dan tahap akhir yang melibatkan pengarsipan data, tindak lanjut, dan penyesuaian pemesanan. Lebih lanjut juga dijelaskan mengenai kendala yang dihadapai serta pemaparan solusi untuk menjawab kendala-kendala yang dihadapi. Laporan tugas akhir ini memberikan gambaran sistematis mengenai proses kerja salesperson dalam melayani pemesanan daring dan menawarkan sarana praktis untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penanganan, Travel Agent, Pemesanan Paket Wisata, Salesperson, Come2Indonesia
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Margareta Maria Wea Rego
Date Deposited: 17 Sep 2025 09:30
Last Modified: 17 Sep 2025 09:30
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/21345

Actions (login required)

View Item View Item