Paparang, Syaloomitha (2025) Pengembangan Paket Wisata Menyelam dengan Mengintegrasikan Film Video 360 Derajat di Twofish Diver Manado. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_93103_2315885029_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93103_2315885029_0031126283_0028126306_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (757kB) |
![]() |
Text (iThenticate)
RAMA_93103_2315885029_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Industri pariwisata bahari membutuhkan inovasi produk dan strategi pemasaran berbasis pengalaman untuk meningkatkan daya tarik destinasi. Salah satu inovasi yang potensial adalah pemanfaatan film video 360 derajat yang mampu menghadirkan pengalaman imersif bagi calon wisatawan. Penelitian ini bertujuan merancang model pengembangan paket wisata menyelam di Twofish Diver Manado dengan mengintegrasikan film video 360 derajat, serta menguji pengaruhnya terhadap ekspektasi, persepsi kinerja, diskonfirmasi, kepuasan, dan niat beli wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan dukungan kuantitatif melalui kuesioner terstruktur, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, dan penyebaran kuesioner kepada 200 responden wisatawan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ditunjukkan melalui dua keluaran utama. Pertama, Produk Hasil Projek berupa rancangan konten video 360 derajat bawah laut yang mengintegrasikan elemen hiburan, edukasi, estetika, dan pengalaman eskapis, serta paket wisata menyelam yang memanfaatkan konten tersebut sebagai media promosi dan edukasi. Kedua, Model Hasil Projek yang memformulasikan alur pengembangan paket wisata menyelam berbasis experiential marketing dengan video 360, mencakup tahap perencanaan, produksi konten, strategi promosi digital, hingga evaluasi berbasis umpan balik wisatawan. Implikasi praktis penelitian ini menegaskan bahwa pengelola destinasi bahari perlu mengadopsi teknologi video 360 sebagai bagian dari strategi experiential marketing. Inovasi ini berpotensi meningkatkan daya tarik promosi, memperkuat brand destinasi, serta mendorong loyalitas dan niat beli wisatawan terhadap paket wisata menyelam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Expectancy Disconfirmation Theory, Experiential Marketing, Kepuasan Wisatawan, Video 360 Derajat, Wisata Menyelam |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis |
Depositing User: | Syaloomitha Paparang |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 23:37 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 23:37 |
URI: | https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/21563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |