Implementasi Green Practice pada Paon Nirwana Restoran dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Taman Wisata Buatan Nirwana Garden Bali

Siman, I Wayan (2024) Implementasi Green Practice pada Paon Nirwana Restoran dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Taman Wisata Buatan Nirwana Garden Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2315854012_0004037205_0808098402_Part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (696kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2315854012_0004037205_0808098402_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93303-2315854012_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Green Practice Pada Paon Nirwana Restoran Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Taman Wisata Buatan Nirwana Garden Bali. Penerapan Green Practice ditinjau dari aspek Green Food, Green Action, dan Green Donation. Sedangkan dampak penerapan Green Practice ditinjau dari aspek operasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Green Practice pada Paon Nirwana Restoran sudah dilakukan secara signifikan. Pihak Paon Nirwana Restoran sudah menerapkan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan penerapan Green Practice seperti melakukan kegiatan efisiensi energy dan air, melakukan pengomposan, menggunakan barcode menu, take away box dari kertas, terdapat vegetarian menu serta mengadakan kegiatan-kegiatan sosial. Penerapan Green Practice yang dilaksanakan secara signifikan dan kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan kupuasan pelanggan Paon Nirwana Restoran baik dari segi harapan, kinerja, perbandingan dan konfirmasi. Beberapa kendala yang menjadi kesulitan dalam penerapan Green Practice di Paon Nirwana Restoran yakni penerapan barcode menu, terkadang memberikan hambatan dan menimbulkan keluhan terutama bagi pelanggan yang kurang memahami cara penggunaan barcode menu. Namun Secara Keseluruhan Penerapan Green Practice juga secara langsung dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan, hal ini dapat dilihat dari respon positif pelanggan mengenai penerapan Green Practice di Paon Nirwana Restoran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: green practice, kepuasan, restoran
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: I Wayan Siman
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:27
Last Modified: 22 Aug 2024 01:27
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11247

Actions (login required)

View Item View Item