Audit Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Alat Evaluasi Efektivitas Sumber Daya Manusia (Studi Kasus LPD Desa Adat Ungasan)

Lestari, Putu Indah and Arsana, I Made Marsa and Suandi, I Ketut (2023) Audit Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Alat Evaluasi Efektivitas Sumber Daya Manusia (Studi Kasus LPD Desa Adat Ungasan). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644101_0018106206_0031126384_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (624kB)
[img] Text (Full text)
RAMA_62301_1915644101_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas program pengelolaan fungsi Sumber Daya Manusia pada LPD Desa Adat Ungasan dengan fokus pada perencanaan tenaga kerja, penerimaan karyawan, seleksi, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan karyawan, penilaian kerja, sistem imbalan dan kompensasi, perlindungan karyawan, serta pemutusan hubungan kerja (PHK). Melalui penelitian ini, diharapkan dapat mengidentifikasi kelemahan -kelemahan dalam pengelolaan SDM di LPD Desa Adat Ungasan dan memberikan saran serta rekomendasi untuk perbaikan guna meningkatkan efektivitas fungsi-fungsi Sumber Daya Manusia tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah LPD Desa Adat Ungasan, dengan objek penelitian berfokus pada fungsi pengelolaan sumber daya manusia di LPD tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui audit pendahuluan, review dan pengujian pengendalian manajemen, audit terinci, dan pelaporan untuk mengidentifikasi kelemahan dalam pengelolaan SDM di LPD Desa Adat Ungasan serta memberikan rekomendasi perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat fungsi sumber daya manusia (SDM) di LPD Desa Adat Ungasan yang kurang efektif seperti pelatihan dan pengembangan karyawan dan program kompensasi, untuk yang tidak efektif meliputi penilaian kerja, sementara itu untuk program yang telah berjalan efektif meliputi perencanaan sumber daya manusia, program rekrutmen, seleksi, dan penempatan sumber daya manusia, program keselamatan dan kesehatan, dan pemutusan hubungan kerja. Maka peneliti memberikan rekomendasi kepada LPD Desa Adat Ungasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Putu Indah Lestari
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:09
Last Modified: 13 Sep 2023 06:09
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item