Promosi Digital Desa Wisata Istana Karst Botolempangan untuk Meningkatkan Kunjungan Wisata

Azis, Dewi Pratiwi and Murni, Ni Gst Nym Suci and Budarma, I Ketut (2023) Promosi Digital Desa Wisata Istana Karst Botolempangan untuk Meningkatkan Kunjungan Wisata. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 6 dan Referensi)
RAMA_93103_2115885018_00250564408_0031126283_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93103_2115885018_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi promosi digital yang selama ini dilakukan oleh pengelola Desa Wisata Istana Karst Botolempangan dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisata melalui digital marketing di Kab. Maros serta untuk menciptakan model digital marketing guna pengembangan pariwisata digital berbasis aplikasi. Geomedic Rural Digital Tourism Model (GRDTM) yang dirancang menggunakan teori bauran pemasaran 4P dan 7P Menurut Hendrayani, E, dkk (2021) serta konsep digital marketing yang dikemukakan oleh Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. (2009), konsep desa wisata yang ditetapkan oleh Deputy bidang pengembangan industry dan kelembagaan, Kementerian Pariwisata RI (2019); dan AIDDA yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2009). Konsep ini dimodofikasi oleh peneliti yang terfokus pada peningkatan kualitas promosi melalui media digital, mengkaji minat wisatawan untuk memutuskan melakukan kunjungan wisata, serta desa wisata yang merupakan kawasan konservasi geopark maros pangkep. Metode yang digunakan secara kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data diambil dengan cara yang dikemukakan oleh Miles Hubeman dkk (1994) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa pada era saat ini penerapan pengembangan pariwisata digital harus diwujudkan seiring dengan kemudahan akses internet yang sangat mudah didapatkan. Kedepannya model pengmbangan ini diharapkan dapat meningkatan kualitas produk dengan tujuan akhir informasi produk pada Desa Wisata Istana Karst Botolempangan dengan mudah di akses oleh calon wisatawan sehingga dampaknya yaitu peningkatan jumlah kunjungan wisata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis
Depositing User: Dewi Pratiwi Azis
Date Deposited: 14 Sep 2023 11:49
Last Modified: 14 Sep 2023 11:49
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item