Proses Pembuatan Classic Margarita Cocktail oleh Bartender di Novotel Bali Nusa Dua & Residence

Saputra, I Kadek Dwi Arpa and Oka, I Made Darma and Yanti, Ni Putu Dewi Eka (2023) Proses Pembuatan Classic Margarita Cocktail oleh Bartender di Novotel Bali Nusa Dua & Residence. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823357_ 0020106508_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (515kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823357_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan keindahan pemandangannya dan kekayaan tradisi kesenian serta religinya, hingga Bali dijuluki sebagai Pulau Sorgawi. Bali menjadikan kebudayaan yang unik sebagai produk pariwisata. Walaupun ada kekhawatiran nantinya budaya Bali tidak mampu bertahan dari dampak pariwisata, akhirnya dengan berjalannya waktu masyarakat Bali dapat mempertahankan kebudayaannya ditengah tumbuhnya pariwisata (Picard, 2006). Pariwisata Bali menjadi sektor pembangunan yang terus dikembangkan untuk menunjang perekonomian masyarakat Bali. Hal ini dilakukan karena Bali tidak memiliki sumber daya alam seperti migas, hasil hutan, maupun idustri manufaktur berskala besar seperti halnya yang dimiliki oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia. Berkembangnya Bali sebagai pilihan daerah tujuan wisata baik wisatawan asing Pembangunan pariwisata di Bali diharapkan tetap menonjolkan aspek budaya Bali. Hal ini dimaksudkan agar pembangunan pariwisata tidak menyimpang dari kebijakan yang telah ditentukan. Pembangunan pariwisata sebagai suatu industri perlu dipertimbangkan dari berbagai aspek, karena pariwisata sebagai industri tidak berdiri sendiri, tetapi berkaitan erat dengan aspek ekonomi, sosial, dan budaya yang hidup dalam masyarakat (Perda Pemprov Bali No.5 Tahun 2020). Novotel Bali Nusa Dua & Residence merupakan salah satu sarana akomodasi berstandar Hotel Bintang 5 yang terletak di jantung Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Complex dengan tingkat keamanan yang tinggi dengan suasana tenang di Nusa Dua. Novotel Bali Nusa Dua & Residence dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh tamu seperti restaurant, bar, cafe, spa, kids club, beach clup, lagoon pool, fitnes center, hingga meeting room. Salah satu fasilitas yang banyak dikunjungi tamu adalah restaurant, cafe dan bar yang berfungsi sebagai penyedia jasa makanan dan minuman (Food and Beverage) (Kanom & Effendi, 2022).Beberapa makanan dan minuman tersebut kemudian dikembangkan sebagai kegiatan kepariwisataan di bidang hospitality dalam penyediaan pelayanan makanan dan minuman (Food and Beverage). Selain makanan, banyak inovasi minuman dari dalam maupun luar negeri salah satu produk minuman luar negeri yaitu Margarita. Margarita adalah minuman tradisional beralkohol (cocktail) yang berasal dari Mexico. Minuman ini memiliki cita rasa asam dari jeruk nipis dengan ciri khas garnish garam pada bibir gelas (Kanom & Effendi, 2022). Classic margarita merupakan salah satu minuman yang diminati di Novotel Bali Nusa Dua & Residence karena memiliki rasa asam dan segar serta memiliki rasa jeruk yang kuat, selain itu bahan bahan pembuatannya pun mudah untuk didapatkan. Selain rasa jeruk, juga bisa ditambahkan flavor varian lain seperti melon dan raspberry. Di Amerika Serikat, margarita sering dicampur dengan air persia limes namun di negara asalnya sendiri dibuat dari mexican lime sehingga classic margarita memiliki rasa dan sensasi yang berbeda di setiap Negara yang membuat classic margarita memiliki daya tarik tersendiri (Kanom & Effendi, 2022). Adapun peranan bartender yaitu menjamin kualitas standart minuman cocktail yang akan diberikan kepada tamu secara optimal sesuai dengan tujuan bisnis hotel serta menjaga dan memelihara konsistensi produk. Bartender juga bertanggung jawab atas seluruh operasional bagian bar dari persiapan, penjagaan par stock, penjagaan peralatan, inventory standart pelayanan, standart produk dalam memaksimalkan penjualan (Pratama & Jatmiko, 2020).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Kadek Dwi Arpa Saputra
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:02
Last Modified: 14 Sep 2023 04:02
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item