Penerapan Green Marketing untuk Peningkatan Jumlah Hunian Glamping Pelaga Eco Park

Sudarsana, AMP Anom Sari (2024) Penerapan Green Marketing untuk Peningkatan Jumlah Hunian Glamping Pelaga Eco Park. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2315854044_0021076107_0015096410_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (709kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2315854044_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2315854044_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan green marketing untuk peningkatan jumlah hunian glamping di Pelaga Eco Park. Dengan adanya isu polusi udara yang kian bertambah, isu isu kerusakan lingkungan dan pemanasan global, perusahaan akomodasi wisata yang kreatif menjadikan green marketing sebagai strategi pemasaran untuk menarik minat wisatawan menginap. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan green marketing di Pelaga Eco Park saat ini dan untuk mengetahui bagaimana penerapan green marketing untuk peningkatan jumlah hunian glamping Pelaga Eco Park. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dengan observasi,wawancara, studi pustaka,dokumentasi serta penyebaran kuesioner. Wawancara dilakukan kepada narasumber yang dianggap paham dan mengetahui lebih detail mengenai permasalahan dari penelitian yang dilakukan, yaitu bagaimana penerapan green marketing glamping Pelaga Eco Park saat ini dan bagaimana penerapan green marketing untuk peningkatan jumlah hunian glamping Pelaga Eco Park. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 (empat) indikator (green product, green price, green place, green promotion) dan 14 (empat belas) subindikator green marketing sudah diterapkan oleh Pelaga Eco Park. Indikator yang harus diterapkan lebih optimal dan perlu dikuatkan yaitu green promotion skor 3.8 atau 76% Subindikator yang belum diterapkan dengan optimal oleh Pelaga Eco Park yaitu yaitu promosi yang mengangkat isu lingkungan. Adapun tantangan dalam penerapan green marketing untuk peningkatan jumlah hunian glamping di Pelaga Eco Park adalah segmen pasar yang terbatas, area glamping yang masuk kedalam. Hubungan penerapan green marketing pada Pelaga Eco Park adalah peningkatan jumlah hunian glamping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: green marketing, glamping, pelaga eco park
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Amp Anom Sari Sudarsana
Date Deposited: 24 Aug 2024 07:18
Last Modified: 24 Aug 2024 07:18
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11433

Actions (login required)

View Item View Item