Penanganan Komplain oleh Waiter dengan Menggunakan LEARN Model di Evolution Restaurant Four Points By Sheraton Bali Ungasan

Angelino, Christophorous (2024) Penanganan Komplain oleh Waiter dengan Menggunakan LEARN Model di Evolution Restaurant Four Points By Sheraton Bali Ungasan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2115823085_0001108404_0015078501_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (680kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_2115823085_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir ini membahas mengenai penanganan komplain oleh waiter dengan menggunakan LEARN Model di Evolution Restaurant Four Points by Sheraton Bali Ungasan. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai penanganan komplain oleh waiter dengan menggunakan LEARN Model di Evolution Restaurant Four Points by Sheraton Bali Ungasan dan kendala atau hambatan yang dihadapi komplain yang asa di Evolution Restauran dan cara mengatasinya dengan menggunakan SOP yang dimiliki oleh Four Points by Sheraton Bali Ungasan yaitu LEARN Model. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data tugas akhir ini ada tiga metode yaitu, metode observasi, metode wawancara dan metode studi kepustakaan serta untuk penyajian data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada penanganan komplain oleh waiter dengan menggunakan LEARN Model di Evolution Restaurant Four Points by Sheraton Bali Ungasan, langkah-langkah yang dilakukan Waiter Evolution Restaurant dibagi menjadi empat tahap. Tahap pertama yaitu tahap persiapan yang meliputi tahap persiapan diri dan persiapan operasional. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan heandling breakfast yang dibagi menjadi tugas hostess dan tugas waiter. Tahap ketiga berisikan tahapan penanganan komplain dengan menggunakan LEARN Model di Evolution Restaurant. Tahap keempat dan tahap akhir yaitu tahap penutup ataubtahap closing. Kendala yang ditemui pada saat penanganan komplain oleh waiter dengan menggunakan LEARN Model di Evolution Restaurant Four Points by Sheraton Bali Ungasan terdapat tiga kendala yaitu: komplain tamu mengenai kurangnya variasi menu vegetarian yang ada di Evolution Restaurant, kurang pekanya staf Evolution Restaurant atas kemauan dari tamu dan kendala yang paling sering terjadi yaitu keterlambatan kedatangan pesanan yang telah tamu pesan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penanganan komplain, waiter, learn model, restaurant
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Christophorous Angelino
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:00
Last Modified: 27 Aug 2024 03:00
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item View Item