Strategi Pengembangan Agrowisata Cau Chocolate Bali Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan

Kusuma, Putu Yudika Budi (2024) Strategi Pengembangan Agrowisata Cau Chocolate Bali Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 6 dan Referensi)
RAMA_93103_2118558017_0031126283_0019096606_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (570kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93103_2118558017_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93103_21185885017_ithenticate.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang strategi pengembangan agrowisata Cau Chocolate Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata dengan mengandalkan kakao sebagai objek agrowisatanya yang terletak di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis kondisi internal dan eksternal sehingga dapat mengetahui strategi yang telah dilakukan agrowisata Cau Chocolate Bali dan untuk merekomendasikan model strategi pengembangan agrowisata Cau Chocolate Bali. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode analisis lapangan, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Data yang telah didapatkan kemudian di analisis untuk mendapatkan rumusan strategi menggunakan Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity) dan Ancaman (Threats). Penilaian pembobotan dan rating yang didapatkan melalui kuesioner dari 20 responden Internal dari Cau Chocolate Bali dan 15 responden eksternal dari pemerintah dan desa adat dengan 10 kekuatan, 10 kelemahan, 10 peluang dan 10 ancaman. Hasil menunjukkan bahwa nilai dari analisis matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS) sebesar 3,108, Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS) sebesar 2,476, dan analisis matrik Internal-Eksternal (IE) dapat diketahui posisi agrowisata Cau Chocolate Bali berada di kuadaran IV yang menggunakan strategi intensif yaitu pengembangan produk dan penetrasi pasar. Berdasarkan analisis SWOT, model strategi didapatkan melalui gabungan prioritas strategi dari SWOT dengan urutan prioritas strategi dari yang pertama sampai terakhir yaitu strategi S-O, W-O, ST, dan WT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi, agrowisata, coklat
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis
Depositing User: Putu Yudika Budi Kusuma
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:28
Last Modified: 27 Aug 2024 03:28
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11626

Actions (login required)

View Item View Item