Angely, Novelina (2024) Perancangan Standard Operational Procedure (SOP) Penanganan Keluhan Bagasi oleh Customer Service di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2115713122_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2115713122_0020046804_0008089701_Part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Bandara merupakan infrastruktur vital dalam sistem transportasi udara yang memainkan peran penting dalam memfasilitasi perjalanan udara bagi jutaan penumpang setiap tahunnya. Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun diantaranya yaitu perkembangan infrastruktur, fasilitas hingga layanan terhadap penumpang menjadi prioritas utama hingga saat ini. Salah satu layanan utama yang diberikan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai adalah pelayanan informasi melalui customer service. Pokok permasalahan yang muncul adalah unit Airport Service Improvement PT Angkasa Pura 1 telah menerima 80 kasus keluhan bagasi dari customer service di lapangan pada periode Januari-September tahun 2023. Sehingga perlunya diketahui prosedur customer service dalam menangani keluhan bagasi yang diterima untuk meminimalkan dampak negatif dan meningkatkan kualitas pelayanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif ,dimana peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan serta menarik kesimpulan yang dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan department terkait, dan analisis dokumen. Sehingga luaran yang dihasilkan dari penelitian ini berupa tugas akhir dan sebuah buku berbentuk digital mengenai SOP penanganan keluhan bagasi yang ditangani oleh customer service di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | standar operasional prosedur,customer service, flipbook |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Novelina Angely |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 05:40 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 05:40 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11675 |
Actions (login required)
View Item |