Wisnawa, I Putu Angga (2024) Identifikasi Penyebab Terjadinya Contract Change Order (CCO) dan Pengaruhnya terhadap Pelaksanaan Proyek. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_22302_2015124053_FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Cover-Bab 1, Bab 5, Referensi dan Lampiran)
RAMA_22302_2015124053_0012016107_0018076005_PART.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
|
Text (iThenticate)
RAMA_22302_2015124053_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam pelaksanaan konstruksi, pada umumnya terjadinya perubahan kontrak pada suatu proyek merupakan hal yang wajar. Yang berarti proyek tersebut tidak hanya pelaksanannya saja yang perlu diperhatikan, namun perencanaan suatu kontruksi perlu diperhatikan dengan baik. Pekerjaan tambah kurang yang sering disebut dengan contract change order. Secara tidak langsung dampak yang terjadi berakibat terhadap kinerja proyek yang dapat menggangu pelaksanaan proyek tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya Contract Change Order (CCO) dan mengetahui seberapa besar perubahan yang terjadi terhadap waktu dan biaya pada perencanaan dengan realisasi yang terjadi di lapangan pada Proyek Gedung KPU Badung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor penyebab terjadinya contract change order yaitu tidak sesuainya dokumen perencanaan dengan realisasi dilapangan menjadi penyebab utamanya contract change order tersebut. Dalam perubahan tersebut menyebabkan adanya pekerjaan tambah kurang yang sangat signifikat pada pekerjaan arsitektur terutama dan adanya penambahan biaya kontrak terjadi pada sub item Pekerjaan Persiapan Rp. 731,821.09, Pekerjaan Struktur Rp. 293,120,868.10, Pekerjaan Pasanan Plafond Rp. 27,118,802.84, sedangkan pengurangan biaya terjadi pada sub item Pasangan Pelapis Dinding sebesar Rp. 185,183,391.72, Pekerjaan Pasangan Lantai Rp. 27,008,053.67, Pekerjaan Kusen Pintu dan Jendela Rp. 12.681.050.89, Pekerjaan Arsitektur Rp. 16,634,310.00 dan Pekerjaan Non Standar Rp. 78,100,302.05. Contract Change Order yang trjadi hanya penambahan atau mengurangi waktu pada beberapa item pekerjaan . akibat dari perubahan tersebut adanya penambahan kelompok kerja dan penambahan jam kerja agar dapat mengejar progres sehingga pelaksanana proyek selesai tepat waktu sesua dengan kontrak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contract change order, faktor penyebab, volume,kontrak, waktu pelaksanaan |
Subjects: | Ilmu Teknik Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | I Putu Angga Wisnawa |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:44 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:44 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12335 |
Actions (login required)
View Item |