Pengembangan Customer Relationship Management Alumni di Perguruan Tinggi

Dewi, Ni Luh Putu Novita Kristina (2024) Pengembangan Customer Relationship Management Alumni di Perguruan Tinggi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_58302_2015354013_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_58302_2015354013_198003062003122002_198612172022032002_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (646kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_58302_2015354013_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada setiap tahunnya suatu instansi pendidikan menghasilkan lulusan-lulusan mahasiswa yang akan membawa nama alumni dari instansi perguruan tinggi tersebut ke dalam lingkungan masyarakat luas yang mana diharapkan agar para alumni dapat menaikkan citra instansi yang ditinggalkanya. Setelah dinyatakan lulus dan status mahasiswa menjadi alumi, instansi sudah tidak dapat berkomunikasi banyak dan menyebabkan adanya peluang hubungan antar intansi dan alumni putus, oleh karnanya diharapkan agar instansi dan alumni dapat saling menjaga hubungan antara satu sama lain. Dengan demikian solusi yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut adalah “Pengembangan CRM Alumni Perguruan Tinggi”. Sistem in dibuat berbasis website dengan pendekatan Customer Relationship Management menggunakan framework Laravel, Perancangan sistem yang digunakan adalah ERD, flowmap, use case dan activity diagram. Metode pengembangan System yang digunakan yaitu metode SCRUM. Hasil dari penelitian ini adalah website CRM alumni perguruan tinggi yang akan membantu instansi dalam pengelolaan alumni dan informasi perguruan tinggi untuk alumni dapat mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam menjaga hubungan instansi dengan alumni. Sedangkan hasil pengujian dengan menggunakan metode blackbox didapatkan hasil sesuai dengan kebutuhan. Pengujian juga dilakukan menggunakan metode SUS (System Usability Scale) dari Kuesioner dengan pengukurann skala linkert dimana hasil Kuesioner dan SUS (System Usability Scale) menunjukkan hasil 90. 5 dengan skala A telah sesuai dengan harapan dan kebutuhan yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Alumni, Perguruan Tinggi
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknik Informatika
Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Sistem Informasi
Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Putu Novita Kristina Dewi
Date Deposited: 09 Sep 2024 13:36
Last Modified: 09 Sep 2024 13:36
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item View Item