Rahayu, Ni Made Riris Puja (2024) Evaluasi Efektivitas Program Brand and Service Excellent (BASE) Training terhadap Kinerja Karyawan pada The St. Regis Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93308_2015744104_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_93308_2015744104_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refernsi)
RAMA_93308_2015744104_0031126084_0009098408_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (853kB) |
Abstract
Pelatihan kerja atau training dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dari karyawan dalam melayani pelanggan agar sesuai dengan standar perusahaan tersebut. Perusahaan perlu untuk mengetahui ke-efektivitasan dari program pelatihan yang dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan di The St. Regis Bali Resort yang beralamat di Kawasan Nusa Dua, Lot S6, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan merupakan karyawan The St. Regis Bali Resort yang berjumlah 365 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportionate stratified random sampling. Sampel yang mejadi responden dalam penelitian ini sebanyak 79 karyawan. Teknik analisis data menggunakan Kirkpatrick's Training Evaluation dengan mengukur 4 level pelatihan yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Dengan menggunakan Kirkpatrick’s Training Evaluation, didapatkan hasil penelitian pada level reaksi, level pembelajaran, level sikap dan level hasil adalah baik. Artinya peserta mengalami perubahan yang baik setelah mengikuti pelatihan. Pelatihan BASE ini dapat dikatakan efektif karena dari level reaksi, peserta pelatihan dapat merasakan manfaat dari pelatihan serta fasilitas pada saat pelatihan mendukung. Selanjutnya pada level pembelajaran, peserta mendapatkan pemahaman baru yang dapat digunakan secara nyata pada saat bekerja. Kemudian pada level perilaku, peserta mengalami perubahan perilaku yang positif dalam menangani pekerjaannya serta jalinan komunikasi dengan rekan kerja maupun atasan meningkat. Pada level hasil, peserta mengalami perubahan dengan selalu memaksimalkan hasil kerjanya serta bekerja sesuai dengan standar perusahaan. Dengan pelatihan kerja yang efektif, maka kinerja karyawan akan meningkat seiring berjalannya waktu. Kata kunci: Pelatihan Karyawan, Kirkpatrik’s Training Evaluation, Kinerja Karyawan, Efektivitas Pelatihan Karyawan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelatihan karyawan, kirkpatrik’s training evaluation, kinerja karyawan, efektivitas pelatihan karyawan |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ni Made Riris Puja Rahayu |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 09:34 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 09:34 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14956 |
Actions (login required)
View Item |