Widyasanti, Ni Nyoman (2024) Sistem Pengadaan dan Penerimaan Barang pada Mercure Kuta Beach Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2115713054_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2115713054_0007036508_0001048404_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pada era globalisasi sekarang ini pengadaan dan penerimaan merupakan hal yang penting dalam aktivitas operasional suatu perusahaan, karena pengadaan dan penerimaan merupakan suatu pengadaan barang yang dapat digunakan dan dijual kembali kepada pihak lain. Pengadaan dan penerimaan juga dilakukan untuk pengadaan barang yang digunakan dalam aktivitas operasional perusahaan. Semakin besar aktivitas operasional suatu perusahaan, maka semakin besar pula pengadaan barang yang harus dimiliki oleh perusahaan. Industri perhotelan adalah salah satu industri yang memiliki aktivitas operasional yang cukup besar dalam perkembangan ekonomi dan dunia pariwisata di Indonesia. Seperti yang kita ketahui secara umum hotel adalah seluruh atau sebagian bangunan yang digunakan untuk pelayanan kamar, makanan dan minuman serta rekreasi yang dikelola dengan tujuan komersial. Sebagai penjual jasa, hotel harus menyediakan berbagai kebutuhan dan fasilitas yang memadai, beserta sumber daya manusia yang terampil dan pengelolaan secara professional seperti terapi, hiburan dan olahraga. Maka dari itu industri hotel memiliki bagian pengadaan dan penerimaan barang yang sering disebut "Purchasing dan Receiving". Purchasing dan Receiving merupakan bagian atau department yang bertugas sebagai pintu utama adanya barang dan berkewajiban untuk memesan dan menerima barang yang datang dari pemasok atas pesanan yang telah di tentukan. Dengan dasar, pembahasan tentang bagian pengadaan (Purchasing) dan penerimaan barang (Receiving) menjadi lingkup pembahasan penulis dalam laporan ini. Dalam sistem pengadaan barang, Perusahaan mencatat dan mendata kegiatan pembelian antara lain memilih supplier, memilih barang yang berkualitas bagus, mencari harga yang sesuai, mencatat transaksi, menyimpan dokumen, pembuatan laporan bulanan, dan lain-lain. Dengan adanya purchasing, Perusahaan dapat melakukan proses pembelian barang dengan mudah dan cepat, tetapi tingkat kecepatan dalam memilih barang dan mendatangkan barang ke hotel belum mencapai target yang di inginkan oleh user setiap department. Permasalahkan-permasalahan yang sering timbul dalam sistem pengadaan barang pada Mercure Kuta Beach Bali adalah: proses mendatangkan barang ke Perusahaan sangatlah belum bisa dikatakan sempurna. Adanya kesalahan pada saat perorderan barang yang tidak sesuai dengan Purchase Request dari user setiap department sering kali mengalami kesalahan membeli barang dan mendatangkan barang sering terlambat, maka dari itu department operasional belum bisa melanjutkan section nya karena bahan yang mereka pakai bekerja belum lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengadaan dan penerimaan barang |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Nyoman Widyasanti |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 04:15 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 04:15 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/15455 |
Actions (login required)
View Item |