Penanganan Pelayanan oleh Staf Front Office PT. Mitra Natura Raya untuk Meningkatkan Kepuasan Wisatawan di Kebun Raya Eka Karya Bali

Dinata, I Made Restu and Erawati, Ni Made Rai and Somawati, Ni Putu (2022) Penanganan Pelayanan oleh Staf Front Office PT. Mitra Natura Raya untuk Meningkatkan Kepuasan Wisatawan di Kebun Raya Eka Karya Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93401_1915813009_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_1915813009_0031126010_0027056304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pada era globalisasi, sektor pariwisata di Indonesia mampu bersaing dan mengalami peningkatan peringkat yang cukup tinggi dalam persaingan pariwisata dunia. Hal ini berdasarkan Laporan terbaru dari Travel & Tourism Competitiveness Index 2015 yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF) belum lama ini, menunjukkan bahwa peringkat daya saing bidang pariwisata Indonesia telah naik dari peringkat 70 pada tahun 2013, ke peringkat 50 pada tahun 2015 ini. Kabupaten Tabanan, Bali adalah salah satu daerah tujuan wisata yang mampu bersaing dan diminati oleh banyak wisatawan, baik wisatawan domestik maupun manca negara. kabupaten Tabanan menjadi salah satu destinasi yang mampu menyerap 80% wisatawan domestic maupun manca negara, terutama Destinasi Wisata Kebun Raya Bali. Kebun Raya Bali menawarkan banyak pilihan fun activity yang unik dan jarang dapat ditemukan di tempat lain di daerah Bali. Kebun Raya ini terletak di ketinggian 1250-1450 dpl, dengan luas 157,5 hektar, sehingga wisatawan dapat menikmati suasana alam yang begitu asri dengan hutan lindung yang paling luas di Pulau Dewata. PT Mitra Natura Raya bekerja sama dengan LIPI dalam mengelola 4 Kebun Raya yang ada di Indonesia, antara lain Kebun Raya Bogor, Purwodadi, Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Dyandra Promosindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang Event Organizer. Perusahaan ini memiliki 14 anak perusahaan. PT. Mitra Natura Raya ini merupakan perusahaan ke 14 dari Dyandra Promosindo, dan PT. Mitra Natura Raya (MNR) ini satu-satunya perusahaan tetap yang bergerak di bidang Kegiatan Taman Konservasi Alam. Kemitraan antara Kebun Raya dengan PT Mitra Natura Raya adalah untuk mendukung fungsi pelayanan publik yang strategis, dan ini bukan semata-mata bicara bisnis. Ini dalam rangka mendukung tugas fungsi kebun raya dalam riset dan penyelamatan dari jenis tumbuhan di Indonesia melalui konservasi ex situ agar bisa dikelola secara lebih baik. Tujuan utama dari kemitraan ini adalah untuk memperkuat fungsi kebun raya, yaitu fungsi konservasi, pendidikan lingkungan, dan wisata yang berbasis edukasi dan konservasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: I Made Restu Dinata
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:14
Last Modified: 27 Sep 2022 02:14
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2707

Actions (login required)

View Item View Item