Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Tingkat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Pada Kantor Cabang Pratama (KCP) C Dan D Buleleng Singaraja

Diah Paramita, Ni Luh Putu and Lasmini, Ni Ketut and Subagiana, I Gede Made (2022) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Tingkat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Pada Kantor Cabang Pratama (KCP) C Dan D Buleleng Singaraja. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1815744009_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1815744009_0016126505_0007076012_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh yang signifikan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap tingkat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sampel dalam penelitian ini 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier sederhana, Uji t ,Uji Koefisien Korelasi, dan Uji Koefisien Determinasi. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa: (1) adanya hubungan yang positif signifikan antara bauran promosi (X) dengan tingkat kepesertaan (Y) BPJS Ketenagakerjaan pada Kantor Cabang Pratama (KCP) C dan D Buleleng Singaraja dengan ditunjukkannya koefisien regresi X sebesar 0,179 yang artinya apabila bauran promosi meningkat maka tingkat kepesertaan juga akan meningkat sebanyak 0,179 dengan syarat variabel lain diasumsikan sama dengan 0. (2) Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi antara variabel bauran promosi (X) dan tingkat kepesertaan (Y) diperoleh skor sebesar 0,802. Jelas bahwa skor 0,802 berada pada kisaran 0,80-1,000, maka dapat dikatakan pengaruh antara variabel X dan Y adalah pengaruh yang sangat kuat. Dari hasil perhitungan dilanjutkan dengan menghitung koefisien determinasi atau sumbangan efektifnya yaitu dengan melihat skor pada adjusted R square yang diperoleh skor sebesar 0,640 yang berarti bahwa variabel bauran promosi memberi kontribusi terhadap tingkat kepesertaan sebesar 64% sedangkan sisanya 36% dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah membuat program promosi yang dapat menarik minat konsumen, dengan membuat program undian, dan memberikan pelatihan kepada karyawan, agar nantinya karyawan mampu berkomunikasi dengan baik pada saat melayani konsumen. Kata kunci: Bauran Promosi , Tingkat Kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Putu Diah Paramita
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:37
Last Modified: 21 Sep 2022 01:37
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item