Putra, Rizki Raihan Renanto Putra and Supiatni, Ni Nyoman and Dewi, Nyoman Indah Kusuma (2022) Analisis Penilaian Kinerja Dan Kepuasan Masyarakat Untuk Mengetahui Kualitas Pelayanan Karyawan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744099_Artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (496kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744099_Pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (304kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian kinerja dan kepuasan masyarakat untuk mengetahui kualitas pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun. Mengingat pandemi Covid-19 saat ini, banyak kegiatan yang tertunda karena keterbatasan dalam menjalankan aktivitas. Oleh karena itu, perlu dilakukan perhitungan dengan menggunakan konsep Value for Money sebagai acuan dalam penelitian ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan kinerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun. Metode yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan konsep Value for Money. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan angket. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil survey kepuasan masyarakat pada tahun 2020 dan 2021 mendapatkan skor 82.034 dan 82,19 dengan kategori Baik pada kedua tahun tersebut. Dalam penilaian kinerja untuk analisis tingkat nilai keekonomian yang dilakukan pada tahun 2020 dan 2021, diketahui bahwa pada tahun 2020 persentase nilai keekonomian sebesar 87,62% atau memperoleh nilai keekonomian. Sedangkan pada tahun 2021 persentase nilai keekonomiannya sebesar 88,74% dengan nilai yang diperoleh adalah keekonomian. Kemudian dari hasil analisis tingkat nilai efisiensi yang dilakukan pada tahun 2020 dan 2021 diketahui bahwa pada tahun 2020 persentase nilai efisiensi sebesar 113,07% atau mendapatkan nilai efisiensi. Sedangkan pada tahun 2021 persentase nilai efisiensi sebesar 116,39% dengan nilai yang diperoleh adalah efisiensi. Dan dari hasil analisis tingkat efektivitas yang dilakukan pada tahun 2020 dan 2021, diketahui bahwa pada tahun 2020 persentase nilai efisiensi sebesar 79,90% atau mendapatkan nilai tidak efektif. Sedangkan pada tahun 2021 persentase nilai efisiensi sebesar 80,30% dengan nilai yang diperoleh tidak efektif Kata kunci: Survei Kepuasan Masyarakat, Value for money, Ekonomis, Efisiensi, Efektivitas, Kualitas Pelayanan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Rizki Raihan Renanto Putra |
Date Deposited: | 25 Sep 2022 09:00 |
Last Modified: | 08 Oct 2022 00:30 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/315 |
Actions (login required)
View Item |