Yasa, I Kadek Aditya and Harisal, Harisal and Suardani, Made (2022) Pembersihan Re-Opening Guest Room oleh Room Attendant pada Masa pandemi di InterContinental Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823127_0001108404_FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover-Bab 1,Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823127_0001108404_0012037302..pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (941kB) |
Abstract
InterContinental Bali Resort merupakan resort hotel mewah dan berstandar bintang lima yang bergerak di bidang jasa penginapan, rekreasi, dan kuliner sesuai dengan permintaan pelayanan yang dibutuhkan oleh tamu atau wisatawan yang tentunya sangat mengutamakan kepuasan bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. InterContinental Bali Resortmemiliki 418 kamar dengan kategori dan jumlah yang berbeda yaitu 91 Resort Classic, 209 Singaraja Room, 94 Club InterContinental Roomdan sisanya adalah 24 Suite Collection. Untuk fasilitas kamar, segala jenis akomodasi dan pelayanan tersedia di Club InterContinental Wing dengan tambahan biaya standar. Salah satu produk utama dari hotel adalah kamar yang ditangani langsung oleh housekeeping department. Housekeeping departmentatau tata graha adalah salah satu departemen yang berada di bawah room devision yang bertugas membersihkan, menjaga, merawat dan memelihara room atau kamar hotel, area di luar kamar hotel atau tergolong 3 kedalam area umum (public area) yang ada di hotel agar tetap nyaman, indah, dan aman selama tamu menginap di hotel tersebut, jadi peran housekeeping departmentsangat penting dalam penanganan kamar. Room atau kamar hotel merupakan sebuah ruangan di hotel yang dapat disewa untuk tempat menginap dan fasilitas yang terdapat di ruangan tersebut dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan selama menginap. Berdasarkan data yang diperoleh,InterContinental Bali Resort Jimbaran memiliki beberapa jenis kamar yaitu, Jimbaran Deluxe, Singaraja Premium dan Club InterContinental yang seluruhnya terletak di enam sayap gedung berbeda. InterContinental Bali Resort juga memiliki dua villa yaitu Imperial dan Jivana bagi tamu yang menginginkan suasana lebih privat. Manajemen InterContinental Bali Resort melakukan rapat mengenai perencanaan pembukaan kembali (Re-opening) kamar yang telah lama tidak terpakai. Re-opening merupakan pembukaan kembali kamar hotel yang sebelumnya telah lama tidak terpakai dikarenakan perkembangan pariwisata yang mengalami penurunan karena pandemi covid-19 yang mengakibatkan usaha penjualan kamar di Intercontinental Bali Resort ditutup sementara selama masa pandemi karena tidak adanya wisatawan berkunjung ke Indonesia. Pada Desember akhir tahun 2021 Front office menginformasikan bahwa ada beberapa tamu yang akan Check-In dan menginap di hotel di awal tahun baru 2022, maka dari itu Front Office meminta kamar-kamar yang tidak dihuni sebelumnya untuk disiapkan kembali bagi para tamu yang akan menginap di hotel. Oleh karena itu Intercontinental Bali Resort Jimbaran melakukan pembukaan kembali (re-opening) kamar tamu pada masa pandemi Covid-19. Dalam re-opening kamar pada umumnya yaitu kebersihan dan kerapian yang harus diperhatikan dengan baik. Karena tamu yang menginap tentunya menginginkan fasilitas kebersihan yang lebih dari biasanya baik di dalam kamar maupun di area corridor. Oleh karena itu, kualitas pelayanan kamar yang baik akan memberikan kesan yang baik dari hotel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Kadek Aditya Yasa |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:15 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4348 |
Actions (login required)
View Item |