Implementasi Green Practice dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department di The Trans Resort Bali

Oktaviana, Ni Komang Tamara and Susanto, Budi and Sagitarini, Luh Linna (2023) Implementasi Green Practice dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department di The Trans Resort Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834056_0025096002_0009127902_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834056_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh green action, green food, dan green donation terhadap kualitas pelayanan Front Office Department di The Trans Resort Bali serta variabel green practice manakah yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di The Trans Resort Bali . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 85 orang tamu yang pernah menginap di The Trans Resort Bali dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Sebelum melakukan analisis, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner yang disebarkan kepada responden. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa variabel green action tidak berngaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan di The Trans Resort Bali dengan nilai t-hitung < t-tabel yaitu -2,611 < 1,98969, variabel green food tidak berngaruh tidak signifikan terhadap kualitas pelayanan di The Trans Resort Bali, dengan nilai t-hitung < t-tabel yaitu 1,297 < 1,98969, dan variabel green donation berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan di The Trans Resort Bali dengan nilai t-hitung < t-tabel yaitu 6,582 < 1,98969. Berdasarkan hasil uji F, ketiga variabel bebas secara simultan memiliki pengaruh kualitas pelayanan di The Trans Resort Bali. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, diperoleh koefisien regresi X1 sebesar 0,205 atau 20,5%, X2 sebesar 0,157 atau 15,7%, dan X3 sebesar 1,192 atau 119,2%. Maka, variabel ketiga yaitu green donation berpengaruh paling dominan terhadap kualitas pelayanan. Dengan adanya pengaruh green practice (green action, green food, dan green donation) terhadap kualitas pelayanan, maka pihak The Trans Resort Bali harus mengimplementasikan penerapan green practice secara maksimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hal ini karena hotel yang memperhatikan lingkungan dapat menjadi nilai tambahan bagi para tamu yang hendak menginap. Mereka beranggapan bahwa pihak hotel peduli terhadap lingkungan, sehingga akan menciptakan reputasi positif dibenak konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Komang Tamara Oktaviana
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:33
Last Modified: 21 Aug 2023 01:33
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/6991

Actions (login required)

View Item View Item