Penerapan Konsep Green Hotel pada Front Office Department untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu di Favehotel Langko Mataram

Izami, Haerul and Antara, Dewa Made Suria and Suarta, I Ketut (2023) Penerapan Konsep Green Hotel pada Front Office Department untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu di Favehotel Langko Mataram. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854014_0015096410_0015096308_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854014_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan konsep green hotel untuk meningkatkan kepuasan tamu pada front office department di Favehotel Langko Mataram Lombok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep green hotel yang telah dilaksanakan pada front office department dan pengaruhnya untuk meningkatkan kepuasan tamu di Favehotel Langko Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara pihak hotel, kuesioner, dan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan probability sampling, simple random sampling. Teknik ini merupakan teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi sampel. Kuesioner dibagikan kepada 98 responden dalam bentuk google form yang pernah merasakan menginap di Favehotel Langko Mataram. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu penerapan konsep green hotel (X) dan variabel terikat yaitu kepuasan terhadap penerapan konsep green hotel pada front office departement (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep green hotel pada 6 aspek (manajemen hotel berwawasan lingkungan, operasional berwawasan lingkungan, tata guna lahan, efisiensi energi, kualitas pengudaraan dan pengelolaan limbah berwawasan lingkungan) sudah dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,17. Hasil penyebaran kuisioner juga menyatakan responden sangat puas terhadap pelayanaan yang diberikan dengan nilai rata-rata sebesar 4,26. Dari hasil analisis regresi linear sederhana didapatkan bahwa penerapan konsep green hotel memiliki hubungan yang kuat secara positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan tamu. Apabila penerapan konsep green hotel ditingkatkan, maka nilai dari kepuasan tamu juga akan ikut meningkat. Penerapan konsep green hotel pada front office department berkontribusi sebesar 48,9% untuk meningkatkan kepuasan tamu di favehotel langko mataram, sedangkan sisanya 51,1% dipengaruhi oleh faktor atau variabel yang tidak disertai dalam peneltian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Haerul Izami
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:54
Last Modified: 29 Aug 2023 05:54
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7285

Actions (login required)

View Item View Item