Pranata, I Gede Bayu Adi and Suja, I Ketut and Sagitarini, Luh Linna (2023) Penerapan Green Hotel dalam Meningkatkan Tingkat Occupancy Kamar di Zen Resort Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854013_0031126475_0009127902_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_2215854013_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan green hotel di Zen Resort Bali, (2) penerapan green hotel dalam meningkatkan tingkat occupancy kamar di Zen Resort Bali. Penelitian ini merupakan penelitian survey, karena instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi untuk memperoleh data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Zen Resort Bali sebanyak 59 orang. Sedangkan sampel sebanyak 52 responden dengan menggunakan rumus dari slovin dengan teknik purposive sampling. Ada 2 jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data kualitatif (melalui data hasil wawancara dengan karyawan tingkat managerial di Zen Resort Bali dan data hasil observasi yang telah dituangkan dalam catatatn lapangan (transkrip) di Zen Resort Bali) dan data kuantitatif (melalui data hasil kuesioner dari responden di Zen Resort Bali). Metode pengumpulan data data yang dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif, skala likert, dan teknik analisis kuantitatif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan green hotel dalam meningkatkan tingkat occupancy kamar di Zen Resort Bali sudah dilakukan dan perlu adanya perbaikan kearah yang lebih baik. Dengan melengkapi beberapa indikator dari dimensi green hotel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Green Design, Energy Management, Environmental Protection, Reduce Consumption, Green Products and Services, dan Sosio-economis and Environmental Benefits sudah diterapkan dan memiliki pengaruh dalam meningkatkan tingkat occupancy kamar yang dilihat dari tingkat occupancy kamar 3 tahun terakhir, revenue 3 tahun terakhir, dan tingkat kepuasan tamu dilihat dari guest comment di www.tripadvisor.com.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | I Gede Bayu Adi Pranata |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 05:43 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 05:43 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7300 |
Actions (login required)
View Item |