Penanganan Web Check In Online pada Penumpang Small Group Penerbangan Domestik Citilink Indonesia oleh Staff Check In Counter PT Gapura Angkasa di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Saktiani, Wilis and Sudhana, I Gusti Putu Fajar Pranadi and Nurjaya, I Wayan (2023) Penanganan Web Check In Online pada Penumpang Small Group Penerbangan Domestik Citilink Indonesia oleh Staff Check In Counter PT Gapura Angkasa di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab , Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2015813010_0008067611_0018075806_Part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (496kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93401_2015813010_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tatacara dan kendala dalam penanganan web check in online pada penumpang small group penerbangan domestik citilink indonesia oleh staff check in counter PT Gapura Angkasa di terminal keberangkatan domestik bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan kepustakaan. hasil dari tugas akhir ini adalah 1) terdapat 3 (tiga) tahapan dalam penanganan web check in online pada penumpang small group penerbangan domestik citilink indonesia oleh staff check in counter PT Gapura Angkasa di terminal keberangkatan domestik bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, yaitu tahap persiapan, tahap penanganan, dan tahap akhir. 2) terdapat beberapa kendala dalam penanganan web check in online pada penumpang small group penerbangan domestik citilink indonesia oleh staff check in counter PT Gapura Angkasa di terminal keberangkatan domestik bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, yaitu web check in yang tidak stabil atau error apabila saat peak season atau banyak user yang mengakses website sehingga penumpang harus melakukan check in manual melalui check in counter, Tidak dipisahkannya antrian untuk penumpang yang telah melakukan web check in online dan yang belum melakukan check in online , sehingga membuat antrian menumpuk menjadi satu dan mengular panjang. Hal ini menjadi keluhan penumpang yang telah melakukan web check in dan hanya ingin mendaftarkan bagasi mereka yang merasa sia – sia telah melakukan web check in karena harus mengantri panjang kembali bersama penumpang yang belum melakukan web check in, Kurangnya pengetahuan penumpang mengenai adanya web check in online pada maskapai Citilink Indonesia sehingga membuat bingung penumpang akan pelaksanaan web check in tersebut, Perbedaan device yang dimiliki penumpang, sehingga mempersulit petugas apabila harus menhirimkan electronic boarding pass kepada penumpang, Hanya tersedianya 2 (dua) check in counter yang menyediakan mesin cetak boarding pass yang membuat petugas harus mengantri apabila ada penumpang ingin mencetak boarding pass guna keperluan kantor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Transportasi
Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Wilis Saktiani
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:37
Last Modified: 29 Aug 2023 01:37
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7336

Actions (login required)

View Item View Item