Saptiany, Martha and Septevany, Elvira and Elistyawati, Ida Ayu (2023) Implementasi Green Practice terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Aston Inn Mataram. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215854039_0026098907_0014076704_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (476kB) |
|
Text (Full text)
RAMA_93303_2215854039_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh green practice terhadap kepuasan tamu di Hotel Aston Inn Mataram. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang tamu yang pernah menginap di Hotel Aston Inn Mataram dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Sebelum melakukan analisis, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner yang disebarkan kepada responden. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa variabel bebas secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan tamu di Hotel Aston Inn Mataram. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata rata 3,85 yang termasuk dalam katagori terimplementasi sebanyak 13, sangat terimplementasi sebanyak 5 dan cukup terimplementasi sebanyak 2. Berdasarkan hasil uji t secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan tamu di Hotel Aston Inn Mataram. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel yaitu sebesar 11,836 > 1,66088. Maka, berpengaruh terhadap kepuasan tamu. Dengan adanya pengaruh positif green practice terhadap kepuasan tamu, maka pihak Hotel Aston Inn Mataram harus mengimplementasikan penerapan green practice demi meningkatkan kepuasan tamu. Hal ini karena hotel yang memperhatikan lingkungan dapat menjadi nilai tambahan bagi para tamu yang hendak menginap. Mereka beranggapan bahwa pihak hotel peduli terhadap lingkungan, sehingga akan menciptakan reputasi positif dibenak konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Martha Saptiany |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 08:08 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 08:08 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7587 |
Actions (login required)
View Item |