Putra, Putu Indra Ardhi and Budarma, I Ketut and Dyah, Wahyuning (2023) Penanganan Kedatangan Penumpang Pesawat Scoot Airlines oleh PT. Gapura Angkasa di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2015813024_0031126283_0004047104_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93401_2015813024_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui cara penanganan kedatangan penumpang pesawat Scoot Airlines pada PT.Gapura Angkasa di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam penanganan kedatangan penumpang pesawat Scoot Airlines pada PT.Gapura Angkasa di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, untuk mengetahui cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam penanganan kedatangan penumpang pesawat Scoot Airlines pada PT.Gapura Angkasa di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari tugas akhir ini adalah terdapat tahapan dalam Penanganan Kedatangan Penumpang Pesawat Scoot Airlines oleh PT. Gapura Angkasa di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yaitu : a.Tahap persiapan yaitu tahap yang dilakukan adalah menyiapkan penampilan (grooming) agar penampilan staff ground handling terlihat rapi, bersih, dan lebih percaya diri dalam memberikan pelayanan kepada penumpang setelah itu mempersiapkan WCHC (Wheelchair for Cabin) dan WCHR (Wheelchair for Ramp) untuk penumpang yang menyandang disabilitas ataupun penumpang yang tidak bisa jalan dengan jarak jauh, dan berkoordinasi dengan pertugas flight controller mengenai parkir yang digunakan oleh pesawat Scoot Airlines. b.Tahap proses penanganan adalah tahap yang dimulai dari focus terhadap kedatangan penumpang, menanyakan parkir pesawat agar tidak salah dalam penjemputan pesawat, melakukan pengecekan posisi pesawat yang akan landing melalui aplikasi flight radar agar penjemputan dapat dilaksanakan dengan tepat waktu, setelah itu memberikan greeting kepada penumpang yang turun dari pesawat dan mengarahkan penumpang menuju area pembelian Visa on Arrival (VOA) dan imigrasi, mengarahkan penumpang menuju confeyer belt nomor 4 untuk melakukan pengambilan bagasi sesuai dengan pesawat yang digunakan (Scoot Airlines), mengarahkan penumpang untuk mengisi dokumen Electonic Custom Declaration (E-CD) dan melakukan pemeriksaan barang oleh petugas Bea Cukai, setelah itu mengantarkan penumpang menuju area penjemputan dan bertemu dengan driver atau keluarga penumpang. c.Tahap akhir merupakan tahap penyelesaian dari semua penanganan penumpang, yang dimana staff ground handling kembali ke office, menyelesaikan administrasi, memeriksa dan mengatur ulang peralatan yang digunakan selama proses penanganan, seperti wheelchair dan perlengkapan penunjang lainnya dan memastikan bahwa semua dokumen penumpang, seperti GENDEC arrival dari pesawat Scoot Airlines telah diperoleh dengan lengkap dan akurat. Terdapat kendala pula dalam Penanganan Kedatangan Penumpang Scoot Airlines oleh PT. Gapura Angkasa Di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yaitu kurangnya staf dan hambatan bahasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir |
Depositing User: | Putu Indra Ardhi Putra |
Date Deposited: | 02 Sep 2023 02:47 |
Last Modified: | 02 Sep 2023 02:47 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7835 |
Actions (login required)
View Item |