Tarigan, Rehngenana Elisa Br and Suparta, I Ketut and Swabawa, Anak Agung Putu (2023) Penanganan Damage Luggage Qatar Airways oleh Staf Lost & Found pada Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2015813072_0030086604_0003036310_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93401_2015813072_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui penanganan Damage Luggage penumpang Qatar Airways oleh staf Lost & Found pada PT. Gapura Angkasa di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan untuk mengetahui Faktor – Faktor Penyebab Terjadinya Damage Luggage dan Cara Mengatasi Damage Luggage penumpang Qatar Airways oleh staf Lost & Found pada PT. Gapura Angkasa di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, serta cara penanganan damage luggage Qatar Airways. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil dari tugas akhir ini adalah : 1. Terdapat beberapa tahapan dalam Penanganan Damage Luggage Qatar Airways oleh Staf Lost & Found pada Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yaitu tahap awal yang dilakukan oleh para staf sebelum kedatangan pesawat, misalnya mempersiapkan diri, menyiapkan checklist dan menyiapkan seluruh dokumen yang berkaitan dengan penanganan penumpang, tahap pelaksanaan, tahap ini fokus terhadap laporan yang diberikan oleh penumpang, dimulai dari menerima laporan kerusakan bagasi yang dialami oleh penumpang, biasanya penumpang yang mengalami kerusakan bagasi akan melaporkan hal tersebut ke bagian lost & found. Setelah menerima laporan, staf lost & found akan mengecek kerusakan bagasi yang dialami penumpang dan mencatat laporan tersebut, terdapat beberapa formulir yang akan diisi oleh staf. Untuk melengkapi formulir tersebut staf akan meminta beberapa dokumen penumpang berupa passport dan boarding pass. Setelah melengkapi seluruh formulir, staf akan menjelaskan mengenai kompensasi yanf akan diberikan kepada penumpang dan menjelaskan bahwa kompensasi akan dikirim langsung melalui email oleh staf Qatar Airways, hal terakhir adalah meminta maaf kepada penumpang, tahap akhir, adalah tahap penyelesaian dimana staf akan mengirim telex dan memasukkan data-data penumpang ke dalam sistem ke station original, kemudian staff Qatar Airways yang akan mengirim email kepada penumpang, dan semua tahapan ini sesuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaan. 2. Terdapat beberapa faktor-faktor penyebab terjadinya kerusakan bagasi diantaranya petugas yang kurang berhati-hati, umur bagasi yang sudah tidak layak pakai, tidak ada petugas yang menjaga di conveyor belt, dan penumpang yang tidak menyadari bagais nya sudah rusak di awal. Dalam hal ini juga terdapat solusi yang dapat mengurangi kerusakan bagasi yang terjadi, sehingga penumpang mendapat kenyamanan saat berpergian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir |
Depositing User: | Rehngenana Elisa Br Tarigan |
Date Deposited: | 02 Sep 2023 03:05 |
Last Modified: | 02 Sep 2023 03:06 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7851 |
Actions (login required)
View Item |