Budiani, Ni Made Erika and Widana, I Putu Krisna Arta and Yulianthi, Ayu Dwi (2023) Penanganan Family Guest oleh Room Attendant di Aqua Pool Sky Penthouse Le Meridien Bali Jimbaran. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823011_0711018902_0015078501_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (430kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823011_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan pembahasan mengenai penanganan Family Guest oleh Room Attendant di Aqua Pool Sky Penthouse Le Meridien Bali Jimbaran diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Penanganan Family Guest oleh Room attendant di Aqua Pool Sky Penthouse Le Meridien Bali Jimbaran terdiri dari beberapa tahap, yaitu: a.Tahap Persiapan. 1) Persiapan diri Seorang room attendant di Le Meridien Bali Jimbaran harus hadir 30 menit sebelum jam kerja dengan ketentuan grooming seorang room attendant yang telah di ditetapkan di Le Meridien Bali Jimbaran. 2) Persiapan perlengkapan Pada tahap persiapan, seorang room attendant harus menyiapkan perlengkapan sebelum memulai pembersihan kamar yaitu: guest supplies, guest amenities, linen, towel, alat pembersih, dan bahan pembersih. b.Tahap pelaksanaan Pada tahap pelaksanaan, Adapun yang dilakukan room attendant pada saat membersihkan kamar dari status vacant dirty menjadi Expected Arrival (EA) yaitu: memastikan status kamar, memperhatikan tanda Do Not Disturb (DND), memasuki kamar, memasang key tag, menyalakan lampu dan air conditioner, membuka curtain, mengambil sampah, mengeluarkan peralatan room service, striping bed, menata tempat tidur, membersihkan bathroom, melengkapi guest amenities, menata towel, membersihkan balcony, dusting area bedroom, melengkapi guest supplies, melengkapi wardobe, membersihkan lantai kamar, membersihkan rooftop pool, meset-up baby crib. c. Tahap akhir. Pada tahap akhir, room attendant akan melakukan double check dan room attendant akan mengisi room attendant report sebelum meninggalkan kamar. 2. Kendala yang dihadapi ketika melakukan penanganan family guest oleh room attendant di Aqua Pool Sky Penthouse Le Meridien Bali Jimbaran, yaitu: a. Kekurangan linen dan towel. Adapun Tindakan yang dilakukan oleh room attendant dalam mengatasi kendala tersebut seperti, berkoordinasi dengan room attendant di setiap floor section yang masih memiliki linen dan towel lebih yang bisa dipakai jika kamar yang dibersihkan memiliki status expected arrival (EA) dan tamunya segera check-in. b. Kamar late check-out dan memiliki status Expected Arrival (EA). Adapun tindakan yang dilakukan oleh room attendant untuk mengatasi kendala tersebut seperti, berkoordinasi dengan front office department untuk menukar kamar yang sudah dipesan dengan kamar yang memiliki jenis kamar yang sama dan sudah siap dijual namun tidak memiliki status Expected Arrival (EA). occupancy tinggi dan tidak ada kamar kosong tamu diberikan kompensasi untuk tamu yang ingin memilih SPA dan Restaurant.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Made Erika Budiani |
Date Deposited: | 03 Sep 2023 12:04 |
Last Modified: | 03 Sep 2023 12:04 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7956 |
Actions (login required)
View Item |