Penerapan Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) di Zia Kuta Hotel Bali

Wulandari, Christiani Aju and Oka, I Made Darma and Susyarini, Ni Putu Wiwiek Ary (2023) Penerapan Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) di Zia Kuta Hotel Bali. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 6 dan Referensi)
RAMA_93103_2115885015_0020106508_0003098005_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (904kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93103_2115885015_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya pandemi, industri pariwisata adalah salah satu yang terkena dampaknya. Dampak covid-19 berpengaruh besar dalam berbagai sektor, khususnya bagi pelaku dan industri pariwisata. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang mendorong penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE pada usaha-usaha wisata dan ekonomi kreatif, hal ini dengan maksud dan tujuan untuk membangkitkan lagi sektor ini dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Penelitian di Zia Kuta Hotel sudah mulai melaksanakan CHSE mulai Agustus 2020 yaitu New Normal Era yang terdiri dari 4 elemen yaitu Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainibility. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi model penerapan CHSE dalam meningkatkan kunjungan tamu. Penelitian terapan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif (descriptive). 100 responden mengisi kuesioner dimana data yang dihasilkan secara metodologis bersifat valid dan reliable. Selain observasi terlibat dan kuesioner, pengumpulan data penelitian menggunakan teknik-teknik wawancara, studi dokumen, dan diskusi kelompok terfokus. Teori-teori yang digunakan adalah teori pariwisata berkelanjutan dan kualitas pelayanan dimana Menurut Rukuiziene (2009:136) bahwa kualitas pelayanan yang dirasakan dari pariwisata dikatakan untuk mempengaruhi kepuasan wisatawan. Penerapan CHSE di hotel Zia kuta baik dari sisi karyawan, para tamu dan stake holder lainnya sangat baik, sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan tujuan perusahan. CHSE memberikan edukasi dalam mengimplementasikan kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan hidup di Zia Kuta Hotel. CHSE sudah menjadi budaya tersendiri yang di era normal sekarang tetap dijalankan oleh Zia Kuta Team dan sudah diimplementesaikan secara terus menerus terutama dari cleanliness dan hygine. Model/Pemodelan agar seluruh stakeholder mengetahui gambaran secara umum proses bisnis yang sedang berjalan saat ini, setelah itu dilakukan evaluasi untuk mengetahui permasalahan yang ada pada proses bisnis kemudian dapat dianalisis proses mana yang akan diperbaiki. Dalam melakukan perbaikan proses bisnis diperlukan sebuah metode yang dapat membantu melakukan perbaikan. Salah satu metode yang dapat digunakan merupakan metode Business Process Improvement.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis
Depositing User: Christiani Aju Wulandari
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:57
Last Modified: 05 Sep 2023 06:57
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8351

Actions (login required)

View Item View Item