Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia

Suryani, Ni Nyoman Dewi and Bagiada, I Made and Ayuni, Ni Wayan Dewinta (2023) Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1915644142_0031127508_0022068901_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (958kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644142_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan makanan dan minuman menjadi salah satu perusahaan yang mampu mendorong perekonomian indonesia tercermin pada kontribusi yang diberikan sub sektor ini terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) triwulan-III tahun 2022 sebesar 38,69%. Namun, rata-rata nilai perusahaan sub sektor perusahaan ini mengalami penurunan sejak tahun 2019 hingga 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan secara parsial dan simultan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2022. Profitabilitas diproksikan dengan ROA, Pertumbuhan penjualan diproksikan dengan Net Sales Growth Ratio, ukuran perusahaan diproksikan dengan LN Total Aset, dan nilai perusahaan diproksikan dengan PBV. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kausalitas dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman di BEI 2019-2022. Pemilihan sampel dilakan dengan teknik purposive sampling menghasilkan total 23 sampel perusahaan pada 4 tahun pengamatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi dengan mengunduh data sekunder dari www.idx.co.id berupa laporan keuangan tahunan. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis regrsi linier berganda berdasarkan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesisi menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Implikasi pada penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi perusahaan dan investor dalam lebih memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan baik guna meningkatkan nilai perusahaan dan sebagai bahan pertimbangan sebelum berinvestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Nyoman Dewi Suryani
Date Deposited: 05 Sep 2023 11:12
Last Modified: 05 Sep 2023 16:03
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8391

Actions (login required)

View Item View Item