Aryasmana, Putu Ngurah and Pugra, I Wayan and Damayanti, Ida Ayu Kade Werdika (2023) Penanganan Kamar Vila Vacant Dirty untuk Repeater Guest Expected Arrival oleh Villa Attendant di Six Senses Uluwatu Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2015823185_0031126378_0001056408_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2015823185_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan pembahasan tentang prosedur penanganan kamar vila vacant dirty untuk repeater guest expected arrival oleh villa attendant di Six Senses Uluwatu Bali, penulis dapat memaparkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Penanganan Kamar Vila Vacant Dirty Untuk Repeater Guest Expected Arrival Oleh Villa Attendant di Six Senses Uluwatu Bali, terdapat tiga tahapan, yaitu: a. Tahap Persiapan Tahap Persiapan dimulai dari persiapan diri (grooming), mempersiapkan alat dan chemical pembersih serta perlengkapan kamar yaitu guest amenities dan guest supplies, mengikuti morning briefing, dan pengambilan kunci kamar oleh villa attendant ke departemen security. b. Tahap Pelaksanaan Dalam tahap pelaksanaan penanganan kamar vila vacant dirty untuk repeater guest expected arrival oleh villa attendant, dimulai dari memasuki vila yang akan dibersihkan, memeriksa kondisi kamar vila. Kemudian membersihkan area kamar tidur, yaitu membuang sampah, mencuci gelas, membersihkan kelambu, dan stripping bed. Mengambil linen dan towel baru ke pantry serta melakukan making bed dan bed decoration. Kemudian membersihkan dan menata area kamar mandi, yaitu area toilet, shower, vanity room, bath tub, dan melengkapi guest amenities dan guest supplies. Melakukan pembersihan dan penataan di area pool deck. Selanjutnya melakukan proses vacuum dan mopping pada lantai serta melakukan double check oleh supervisor. c. Tahap Akhir. Pada tahap akhir atau penyelesaian, villa attendant telah selesai melaksanakan tugas yang diberikan oleh tim leader. Selanjutnya villa attendant membuka aplikasi HotSOS dan menekan tombol finish pada kamar vila yang ditangani. Apabila kamar yang dibersihkan sudah diperiksa oleh supervisor, kamar vila yang ditujukan untuk repeater guest expected arrival siap untuk dihuni oleh tamu. 2. Kendala-kendala yang dihadapi oleh villa attendant dalam menangani kamar vila vacant dirty untuk repeater guest expected arrival di Six Senses Uluwatu Bali, yaitu: a. Terdapat spot atau noda pada linen dan towel b.Kerusakan atau defact di area kamar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Putu Ngurah Aryasmana |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:45 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:45 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8864 |
Actions (login required)
View Item |