Penanganan Rush Bag Singapore Airline Sq 938 Unit Baggage Service pada PT. Jasa Angkasa Semesta di I Gusti Ngurah Rai International Airport

Syirwan, Kisra Ahsanu and Trisnayoni, Raden Ayu and Erawati, Ni Made Rai (2023) Penanganan Rush Bag Singapore Airline Sq 938 Unit Baggage Service pada PT. Jasa Angkasa Semesta di I Gusti Ngurah Rai International Airport. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_2015813037_0007029701_0031126010_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (590kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93401_2015813037_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui Penanganan Rush Bag Singapore Airline Sq 938 Unit Baggage Service Pada Pt. Jasa Angkasa Semesta Di I Gusti Ngurah Rai International Airport dan kendalanya. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan kepustakaan. Hasil dari tugas akhir ini adalah 1) terdapat 3 tahapan dalam Penanganan Rush Bag Singapore Airline Sq 938 Unit Baggage Service Pada Pt. Jasa Angkasa Semesta Di I Gusti Ngurah Rai International Airport, yaitu: a. Pre Duty sebelum kedatangan pesawat, dalam tahap ini yang harus dilakukan oleh petugas baggage service adalah melakukan pengecekan fungsi alat kerja serta menyiapkan kembali form dan label - label yang akan digunakan oleh petugas baggage service dalam penanganan kasus yang terjadi. Tahap on duty atau saat kedatangan pesawat, pada tahap ini petugas baggage service akan melakukan tugasnya pada baggage claim area, petugas baggage service akan mengawasi pengambilan bagasi di conveyor belt. Yang ketiga yaitu tahap penyelesaian penanganan Rush Bag SQ 938. Pada tahap ini petugas baggage service dapat mengatasinya dengan cara petugas baggage service akan memeriksa rush bag tag number yang telah diturunkan dari Conveyor Belt. Setelahnya maka petugas baggage service akan mencatat rush bag tag number pada form rush acceptance logsheet dan setelah mencatat, menimbang dan mengecek kondisi bagasi tersebut Langkah selanjutnya adalah mengecek pada situs https://desktop.worldtracer.aero untuk mengetahui kepemilikan dari bagasi tersebut, alamat dan identitas lainnya setelah itu petugas akan membuatkan form delivery dan customs clearance form. Setelah dua form tersebut maka petugas akan melakukan labeling pada bagasi dengan memasang delivery tag, setelah itu bagasi siap diserahkan kepada supir agar dikirimkan ke alamat yang sudah tertera pada form delivery

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen Transportasi
Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Kisra Ahsanu Syirwan
Date Deposited: 09 Sep 2023 10:20
Last Modified: 14 Sep 2023 12:35
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9520

Actions (login required)

View Item View Item