Handayani, Luh Nyoman Chandra and Sukerti, Gusti Nyoman Ayu and Yuliantini, Ni Nyoman and Wicaksana, Ketut Arya Bayu LAPORAN KEMAJUAN DIPA UNGGULAN 2025_CHANDRA HANDAYANI (Pengembangan Intensive English Bridging Module di Bidang Akuntansi Berbasis Autonomous Learning pada Platform Learning Management System Canvas). -, Badung. (Unpublished)

[thumbnail of LAPORAN KEMAJUAN DIPA UNGGULAN 2025 - CHANDRA HANDAYANI.pdf] Text
LAPORAN KEMAJUAN DIPA UNGGULAN 2025 - CHANDRA HANDAYANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Intensive English Bridging Module (IEBM) di bidang akuntansi berbasis autonomous learning pada platform Learning Management System (LMS) Canvas. Modul ini dirancang untuk menjembatani kesenjangan kompetensi bahasa Inggris mahasiswa akuntansi dalam konteks akademik dan profesional. Menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan pendekatan sistematis ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), penelitian ini memastikan bahwa pengembangan modul dilakukan secara terstruktur dan berbasis kebutuhan pengguna. Pada tahap analisis (Analysis), penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa terhadap keterampilan bahasa Inggris yang relevan dengan bidang akuntansi, seperti terminologi keuangan, pelaporan bisnis, dan komunikasi profesional. Tahap perancangan (Design) melibatkan penyusunan blueprint modul yang menekankan pembelajaran mandiri dengan elemen interactive learning berbasis studi kasus akuntansi. Selanjutnya, tahap pengembangan (Development) mencakup pembuatan materi digital interaktif di LMS Canvas, termasuk latihan listening, reading, grammar, dan vocabulary dalam konteks akuntansi. Pada tahap implementasi (Implementation), modul diuji coba pada mahasiswa akuntansi yang mengikuti program bridging English. Akhirnya, tahap evaluasi (Evaluation) menilai efektivitas modul berdasarkan data aktivitas mahasiswa di LMS, umpan balik pengguna, serta analisis peningkatan hasil belajar. Sebagai bagian dari komitmen Politeknik Negeri Bali dalam mendukung Green Tourism, penelitian ini juga mengintegrasikan prinsip green ethics dalam desain materi, menekankan konsep green accounting, keberlanjutan finansial, serta pelaporan berbasis Environmental, Social, Governance (ESG). Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya mengembangkan keterampilan bahasa Inggris dalam akuntansi tetapi juga memperoleh wawasan tentang praktik bisnis berkelanjutan melalui reading text tentang green accounting, listening berbasis studi kasus pelaporan ESG, serta latihan vocabulary terkait isu ESG. Penelitian ini melibatkan 115 mahasiswa sebagai subjek penelitian dan ditargetkan menghasilkan modul IEBM yang efektif, efisien, serta mendukung pembelajaran mandiri mahasiswa akuntansi. Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) penelitian ini berada pada level 5, dengan luaran berupa produk bahan ajar digital dan publikasi ilmiah. Hasil penelitian akan dipresentasikan pada International Conference on Sustainable Green Tourism Applied Science (ICosTAS) yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bali sebagai luaran wajib, serta artikel di jurnal Sinta 1, yaitu LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching yang diterbitkan oleh Universitas Sanata Dharma. Selain itu, hak cipta atas e-module LMS juga akan diajukan sebagai luaran tambahan, mendukung inovasi dalam pembelajaran ESP berbasis teknologi di pendidikan vokasi. Kata Kunci: Intensive English Bridging Module, Akuntansi, Pembelajaran Mandiri, Learning Management System (LMS) Canvas, green ethics

Item Type: Other
Subjects: Ilmu Bahasa > Ilmu Bahasa Asing > Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D3 Akuntansi > Publikasi
Depositing User: Luh Nyoman Chandra Handayani
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:03
Last Modified: 07 Aug 2025 03:03
URI: https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item